Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Menkeu Kelola Perusahaan Saat Tapering

Tata kelola perusahaan yang baik menjadi kebutuhan mendesak seiring pengakhiran pelonggaran kuantitatif Amerika Serikat yang dapat memicu arus modal keluar dari negara berkembang.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 04 Februari 2014  |  23:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Tata kelola perusahaan yang baik menjadi kebutuhan mendesak seiring pengakhiran pelonggaran kuantitatif Amerika Serikat yang dapat memicu arus modal keluar dari negara berkembang.

Menteri Keuangan M.Chatib Basri mengatakan investor yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai suatu negara akan melihat aspek tata kelola (good corporate governance) pertama kali.

“Saat easy money berakhir, orang akan mempertimbangkan governance. Sebaliknya, dalam era easy money, orang sering kali mengabaikan,” katanya dalam peluncuran Roadmap Good Corporate Governance untuk Emiten dan Perusahaan Publik oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan International Finance Corporation (IFC), Selasa (4/2/2014).

Menurutnya, penilaian itu hanya dapat disampaikan investor ketika pemerintah dan otoritas di pasar keuangan membuat peta jalan yang jelas mengenai good corporate governance yang dapat dijadikan patokan.

OJK meluncurkan peta jalan yang menyangkut aspek aspek tata kelola perusahaan, perlindungan pemegang saham, peranan pemangku kepentingan, transparansi informasi, serta peran dan tanggung jawab dewan komisaris dan direksi.

 Indonesia belajar dari  pengalaman, yakni implementasi praktik tata kelola perusahaan yang lemah diidentifikasi sebagai salah satu penyebab krisis keuangan global 1998 dan 2008.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

good corporate governance tapering the fed pelonggaran kuantitatif
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top