Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sjarifuddin Hasan Berbagi Tips Menjadi Wirausaha Muda

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengajak para mahasiswa menjadi entrepreneur sejak muda agar bisa menjadi pengusaha berpengalaman dan sukses di masa depan.
Menkop & UKM Sjarifuddin Hasan/Bisnis.com
Menkop & UKM Sjarifuddin Hasan/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengajak para mahasiswa menjadi entrepreneur sejak muda agar bisa menjadi pengusaha berpengalaman dan sukses di masa depan.

"Sebaiknya sejak kuliah, kalian sudah mulai membuka usaha, berlajar berbisnis. Mulai dari usaha yang kecil dulu dan yang selama ini terabaikan, atau jarang dilihat orang lain," kata Menteri Koperasi dan UKM dalam sambutannya pada pelatihan pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa di Indonesia, yang diadakan Universitas Pancasila Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Menurut Sjarifuddin, menjadi seorang wirausaha sukses harus cerdas dan mempunya ciri atau karakter. Entrepreneur, lanjutnya, tidak harus memiliki modal besar dengan mengelola usaha yang besar atau muluk-muluk.

"Tapi bisa saja dimulai dengan menjual barang atau benda unik, menjual barang bekas, menjual keterampilan diri sendiri, menjual jasa sesuai dengan kepintaran yang dimiliki, dan lainnya," katanya dalam pelatihan yang dihadiri Ketua Umum DPP HIPMI, CEO PT USI IMB Indonesia, Rektor UP dan pejabat UP, serta pembicara lainnya.

Dia menambahkan untuk membuka usaha sendiri, yang terpenting adalah keyakinan pada diri sendiri bahwa kita bisa dan percaya diri.

"Setiap orang punya potensi yang tersimpan di dalam alam bawah sadarnya. Kenali kelebihan tersebut dan diintegrasikan dengan minat yang ada saat ini," ungkapnya.

Jadi, lanjut Sjarifuddin, mulailah dari usaha kecil yang tampaknya sepele, tetapi dengan tekat kuat, semangat, dan kerja keras, nantinya bisa maju dan mengangkat harkat diri, serta martabat bangsa.

"Nanti kalau lulus kuliah, sebaiknya mahasiswa bukan mencari kerja, tapi bagaimana memanfaatkan peluang untuk membuat usaha, bahkan memberi peluang kerja bagi orang lain," ujarnya.

Cara lain yang perlu diperhatikan adalah memanfaatkan fasilitas yang ada. Misalnya fasilitas media sosial, IT, Internet, dan jaringan lainnya, sehingga bisa melancarkan dan memudahkan usah yang tengah dirintis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper