Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia Bagi Pengalaman Lewat Buku Transformasi Korporasi

PT Semen Indonesia mensosialisasikan sebuah transformasi korporasi melalui buku yang ditulis oleh Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto.
Peluncuran buku Transpormasi Korporasi/Bisnis
Peluncuran buku Transpormasi Korporasi/Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA--PT Semen Indonesia mensosialisasikan sebuah transformasi korporasi melalui buku yang ditulis oleh Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto.

Buku setebal 138 halaman berjudul Road to Semen Indonesia yang sudah dilaunching sejak 4 februari 2014  itu mengisahkan perjalanan Dwi Soetjipto selama memimpin BUMN Semen Indonesia.

Berbagai konflik dan tantangan memperbaiki kinerja perusahaan serta menyatukan berbagai perbedaan untuk mencapai visi BUMN world class engineering company dicurahkan dalam buku tersebut.

“Buku ini cocok dijadikan bahan kajian dalam melakukan sinergitas pembentukan holding company,” kata Dwi Soetjipto dalam acara bedah buku Road to Semen Indonesia, Transformasi Korporasi Mengubah Konflik menjadi Kekuatan, di Universitas Airlangga, Surabaya, Sabtu (15/3/2014).

Dia menyebutkan  salah satu gejolak perusahaan yang pernah terjadi yakni kasus di Semen padang. Hal itu menjadi tantangan untuk mencoba berbagai macam strategi agar manajemen perushaan bisa bergulir dan kembali berproduksi.

“Dalam buku ini juga saya selipkan teori-teori manajemen yang bisa dipergunakan untuk melakukan analisa atau tindakan dalam pengambilan keputusan,” ujarnya.

Dwi menambahkan selain sinergi, sebuah inovasi juga perlu dilakukan untuk mengembangkan perusahaan.

“Tanpa inovasi perusahaan hanya akan jadi barang tua di tempat sampah, karena inovasi adalah alat utama untuk mendukung implementasi kebijakan perusahaan dan menjaga kompetitif perusahaan,” imbuhnya.

Adapun pada bagian Bab I dalam buku tersebut menceritakan tentang sejarah singkat berdirinya persahaan hingga keputusan untuk melakukan IPO, pada Bab II konflik di Semen Padang, pada Bab III menceritakan pembenahan Semen Group, pada Bab IV tentang kunci sukses sinergi.

Pada Bab V tentang keputusan inovasi atau perusahaan bakal mati, pada Bab VI tentang rencana besar Semen Indonesia menjadi pemain kelas dunia, pada Bab VII berisi tentang alasan Semen Indonesia terus melakukan perubahan, dan Bab VIII menceritakan tentang rencana menuju kejayaan Semen Indonesia.

 


Foto  : Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto (seragam Semen Indonesia) saat memberikan buku Road to Semen Indonesia kepada sejumlah guru besar Universitas Airlangga, Surabaya, Sabtu (15/3/2014)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper