Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELUANG BISNIS: Cara Memulai Bisnis Jual Mukena untuk Anak

Pangsa produk perlengkapan salat atau mukena tak hanya orang Islam yang berusia dewasa, tetapi anak-anak juga membutuhkan itu.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pangsa produk perlengkapan salat atau mukena tak hanya orang Islam yang berusia dewasa, tetapi anak-anak juga membutuhkan itu.

Berbeda dengan mukena untuk konsumen dewasa, produk untuk anak-anak dan remaja hadir dengan tema dan rona nan ceria.

Hal inilah yang dilakukan oleh Nurlia Rahayu. Bersama sahabatnya Kika, dia memproduksi perlengkapan salat khusus anak-anak yang dinamakan Kiyutee sejak 2009.

Alasan dia dan Kika terjun ke bisnis ini tak lain karena ada peluang potensial yang bisa digarap. “Banyak orang tua membelikan mukena bermotif lucu untuk merangsang minat anak agar rajin menjalankan ibadah,” ujar perempuan yang akrab disapa Lia ini.

Oleh karena itu, Kiyutee menggunakan bahan-bahan berwarna cerah misalnya merah muda, kuning, biru, hingga oranye. Untuk material, Lia menggunakan bahan katun yang menyerap keringat. Bahan ini dipilih agar anak merasa nyaman kala menjalankan ibadah mereka.

Agar makin menarik, dia juga membuat gambar-gambar dari aplikasi kain perca bermotif. Beberapa motif yang dibuat, di antaranya gambar masjid, kue cupcakes, dan bunga. Semua gambar tersebut disesuaikan dengan dunia anak-anak yang riang gembira. Aplikasi tersebut tak hanya disematkan di mukena, tetapi juga sajadah.

Lia dan Kika tak membutuhkan waktu lama untuk memproduksi mukena dan sajadah untuk anak-anak. Mereka tak membutuhkan teknik jahit rumit karena bentuk mukena dan sajadah terbilang sederhana. Selain itu, gambar yang disematkan harus sesuai dengan proporsi agar tak terlihat terlalu ‘ramai’.  

Selain mengeluarkan desain untuk dijual (ready stock), Lia juga menerima pesanan sesuai keinginan konsumen. Dia mengaku biasa membuat mukena untuk anak berusia dua tahun hingga 15 tahun.  

Dibantu 3 orang penjahit, pendiri Kiyutee bisa memproduksi 100 pasang mukena dan sajadah setiap bulan. Namun, jumlah ini meroket tajam menjelang bulan ramadhan dan Lebaran “Jumlah ini bisa meningkat hingga 2—3 kali lipat,” katanya.

 Harga satu set mukena dan sajadah bermotif lucu ini dibanderol mulai dari Rp185.000—Rp275.000. Nominal tersebut disesuaikan dengan ukuran dan desain.

Soal peluang, Lia mengaku bisnis mukena khusus anak memiliki prospek cerah. “Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak mereka. Tak terkecuali perlengkapan ibadah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper