Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Sewa Kostum Unik Laris-Manis

Pakaian atau sandang merupakan produk primer yang dibutuhkan manusia. Selain baju untuk kebutuhan sehari-hari, ada kalanya konsumen membutuhkan pakaian kostum khusus untuk acara-acara tertentu. Salah satunya adalah keperluan pesta.

Bisnis.com, JAKARTA -- Pakaian atau sandang merupakan produk primer yang dibutuhkan manusia. Selain baju untuk kebutuhan sehari-hari, ada kalanya konsumen membutuhkan pakaian kostum khusus untuk acara-acara tertentu. Salah satunya adalah keperluan pesta.

Pelaku usaha lain yang menyediakan layanan serupa adalah Juki. Di bawah bendera bisnis Babyku, pria asal Jakarta ini merintis bisnis sejak 2012 silam.

Juki membidik pasar anak-anak sebagai konsumen utamanya. Dia menyediakan aneka kostum bertema superhero, puteri kerajaan, profesi, hingga kostum berbentuk unik a.l. buah-buahan, sayur-sayuran dan pakaian adat dari Indonesia dan negara lain.

Juki mendesain kostum-kostum untuk anak sendiri. Selain mencari referensi dari berbagai media, dia juga mencari bahan-bahan berkualitas untuk membuat kostum. Hal ini dilakukan agar anak-anak merasa nyaman kala mengenakan konstum.

Selain memproduksi sendiri, dia juga beberapa kali membeli kostum dari penjual di luar negeri. “Prinsipnya, kami tidak membuat kostum berkarakter yang sudah memiliki hak cipta. Makanya, kami membeli langusng kostum superhero atau puteri dari penjual asli. Kostum yang kami buat sendiri a.l. pakaian adat, baju buah-buahan, atau baju yang merepresentasikan profesi misalnya dokter, polisi, dll,” ujarnya.

Juki menyediakan kostum yang pas dipakai oleh anak berumur mulai dari 3—9 tahun. Tak heran, kostum-kostum Babyqu paling banyak digunakan untuk acara ulang tahun atau pesta tematik yang dilangsungkan di sekolah-sekolah.

Awalnya, dia membuka sebuah toko yang terletak di Ruko Harco di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara. Seiring berjalannya waktu, dia melihat banyak konsumen yang diluar daerah ingin menyewa kostum buatannya. Karena itu, dia membuat situs www.sewakostumanak.com dan mulai menerima order dari luar Jakarta.

Meski pangsa pasar makin meluas, Juki juga mulai memperhatikan jaminan bisnisnya. Ini karena dia harus memastikan kostum yang dipinjam oleh konsumen bisa kembali dalam kondisi utuh dan tanpa cacat. Oleh karena itu, dia mewajibkan konsumen untuk membayar uang deposit sebagai jaminan.

“Penyedia dan penyewa kostum bisa sama-sama enak dengan adanya uang deposit. Kalau sudah selesai dan kostum kembali dalam keadaan prima, uang deposit langsung saya transfer ke konsumen. Inti dari bisnis penyewaan ini memang kepercayaan,” ujarnya.

Harga kostum anak-anak Babyqu bervariasi. Dia membedakan harga sewa kostum lokal dan impor karena modal yang dikeluarkan juga tak sama. Tarif sewa kostum lokal dipatok mulai dari Rp125.000—Rp150.000 per kostum sedangkan harga sewa kostum impor berkisar Rp250.000—Rp350.000 per kostum. Harga tersebut dikenakan untuk sewa selama 3 hari.

Kendati prospektif, Juki tak menampik ada kendala yang dihadapi kala menjalani bisnis ini. Salah satunya adalah masih banyak konsumen yang belum teredukasi soal deposit. Padahal, menurutnya, keberadaan deposit membuat konsumen bisa bertanggung jawab dan menjaga kostum yang mereka sewa.

Soal peluang, Juki optimis bisnis penyewaan kostum anak-anak memiliki prospek yang cerah. “Saat ini memang banyak muncul pemain baru. Namun, kami tak boleh gentar dan harus terus menyediakan kostum-kostum kreatif yang sesuai dengan selera pasar,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper