Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Pentingnya Memahami Posisi & Peran PR

seorang PR tidak boleh hanya mengerti komunikasi tetapi juga harus bisa memahami bisnis perusahaannya, juga strategi apa saja yang digunakan perusahaan tersebut.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 22 Agustus 2015  |  01:42 WIB
Ini Pentingnya Memahami Posisi & Peran PR
Buku What CEO Want from PR - PotretBuku.Blogspot.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Editor buku Excellence in Public Relation and Communication Management James E. Grunig mengatakan profesi public relations (PR) adalah manajemen komunikasi antara organisasi dan publiknya.

Sedangkan Chief Executive Officer (CEO) dalam teori singkatnya bisa dijabarkan sebagai komandan lapangan dalam militer. Lantas, bagaimana hubungan kedua profesi tersebut serta bagaimana keduanya harus bekerja seirama dalam ranah kekuasaan yang berbeda?

Praktisi komunikasi yang telah berkecimpung dalam dunia PR selama 20 tahun, Agung Laksamana hadir dengan buku terbarunya yang berjudul “What CEO Wants from PR: 7 Kunci Efektif Menjadi Ahli Strategi”.

Rasanya tidak berlebihan jika Agung membahas kaitan seorang PR dengan petinggi sebuah perusahaan CEO dalam buku ini. Nyatanya, seorang PR tidak boleh hanya mengerti komunikasi tetapi juga harus bisa memahami bisnis perusahaannya, juga strategi apa saja yang digunakan perusahaan tersebut.

Hadir dengan beragam teori yang praktis buku ini fokus menceritakan apa sebenarnya dunia PR dalam kaitannya dengan CEO dan bagaimana kiat sukses dengan profesi tersebut. Agung memilah tujuh poin utama yang seharusnya menjadi kebiasaan seorang PR dalam bekerja.

Ketujuh poin tersebut dijabarkan secara ringan berikut rangkuman berbagai kasus dan cerita tentang kisah CEO dan PR yang telah mendunia. Nama-nama pemilik merk terkenal bahkan pemimpin berbagai negara yang tak asing ditelinga kita, akan terulik sedikit kisahnya.

Lulusan communicatin studies dari Fort Hays State University ini juga membagi beberapa kisahnya dan kerabat dekatnya tentang dunia profesi komunikasi. Kisah-kisah tersebut dalam buku ini sebagai gambaran nyata sebuah profesi yang sangat mempengaruhi sikap.

Bahasa Agung yang lugas dan tidak bertele-tele akan memudahkan praktisi PR menerapkan dalam kerjanya sehari-hari. Menurut Agung hal utama yang harus dilakukan PR dalam menjalani profesinya adalah mengenal para pemimpinnya.

Dengan mengenal CEO, praktisi PR akan lebih mudah membangun citra perusahaan yang semestinya sesuai dengan visi perusahaan. Untuk itu, kenali latar kebudayaan pemimpin dan kenali cara berfikirnya.

Hal tersebut penting, sehingga para PR akan mengetahui harapan dan ekspektasi seperti apa yang diinginkan CEO tersebut dalam membangun perusahaan.Langkah selanjutnya adalah mengenal dengan baik tentang perusahaan sendiri. Bagaimana sistem kerja perusahaan tersebut, bagaimana strategi bisnisnya sampai permasalahan-permasalahan di dalamnya. 

Menjadi yang terdepan dalam melakukan komunikasi perusahaan kepada publik bukan berarti harus menjadi orang yang paling terkenal. Dalam buku tersebut Agung juga menegaskan bahwa seorang PR harus lebih memperkenalkan perusahaan berikut pemimpinnya daripada dirinya.

Buku ini akan membuat pembaca menyadari bahwa posisi  PR dan CEO sangat berkaitan erat. Buku ini wajib dibaca para praktisi komunikasi, para pemangku kekuasaan di perusahaan dan sang aktor utama dalam buku ini yakni para PR.

Mulai belajar mengenali profesi serta posisi akan menjadikan PR lebih terbuka dalam mengemban amanah untuk menjadi yang terdepan dalam perusahaannya. Sebaliknya CEO juga akan memahami bagaimana sebaiknya memposisikan PR dalam melakukan kinerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top