Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rail Clinic Beri Layanan Kesehatan di Rangkasbitung, Berikutnya Sukabumi

PT Kereta Api Indonesia berikan pelayanan kesehatan gratis terhadap masyarakat di sekitar Stasiun Rangkasbitung dengan menggunakan Rail Clinic.
Rail Clinic. /Bisnis.com
Rail Clinic. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia berikan pelayanan kesehatan gratis terhadap masyarakat di sekitar Stasiun Rangkasbitung dengan menggunakan Rail Clinic.

Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Bambang S. Prayitno mengungkapkan layanan yang diberikan adalah layanan kesehatan tingkat pertama, seperti pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, dan kefarmasian.

Dalam operasi kali ini, perusahaan menyiagakan tim kesehatan yang terdiri dari dokter gigi dan umum dengan target dapat melayani 150 pasien penduduk setempat. KAI juga melakukan penyuluhan kesehatan, seperti demam berdarah, dan kesehatan gigi.

“Diabetes mellitus, hipertensi, TBC, diare, dan HIV/AIDS serta sosialisasi keselamatan dan keamanan jalur KA,” demikian Bambang, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Dia menambahkan KAI juga memberikan kacamata gratis kepada 50 anak.

Mengenai pendataan dan pendaftaran pasien dalam layanan kereta kesehatan tersebut, perusahaan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dan Puskesmas Kecamatan Rangkasbitung.

Setelah di sekitar Stasiun Rangkasbitung, Rail Clinic akan memberikan layanan gratis di Sukabumi. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan BUMN atau lembaga lain untuk pelayanan kesehatan di daerah yang jauh dari layahan. Namun, dapat terjangkau oleh kereta api,” kata Bambang.

Pada 19 Desember 2015, Rail Clinic telah memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di sekitar Stasiun Wojo, Kecamatan Bagelan, Kabupaten Purwerojo, Jawa Tengah.
 
Pembuatan kereta kesehatan tersebut dilatarbelakangi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaran bermotor.

Berikut adalah detail pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan di Rail Clinic:

Kereta 1

Keterangan

Ruang monitoring dokter

-

Ruang tindakan (emergency) sekaligus ruang pemulihan (recovery)

Pelayanan emergency yang dapat diberikan meliputi :

bantuan hidup dasar (basic life support seperti CPR), alat monitoring tanda vital pasien, alat shock/kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung (electrocardiography), penanganan pertama kasus trauma, lampu baca hasil rontgen

Ruang pemeriksaan gigi

Pemberian pelayanan kesehatan gigi

Ruang laboratorium

Pelayanan pemeriksaan laboratorium sederhana

 

Kereta 2

Keterangan

Ruang pemeriksaan ibu hamil, menyusui dan bersalin

Pelayanan Antenatal Care (ANC), ruang menyusui dan persalinan normal (jika terdapat kasus emergency persalinan)

Ruang pemeriksaan umum dan edukasi

Pemberian Pelayanan umum oleh dokter umum meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan mata, THT, dll sekaligus memberi edukasi perihal kesehatan

Ruang pelayanan farmasi

Pemberian pelayanan kefarmasian (pengambilan obat) dan konsultasi obat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper