Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbaiki Layanan, KBRI Bangkok Raih ISO 9001: 2015 Pertama

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok menjadi Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001 untuk edisi 2015.
Perayaan HUT kemerdekaan RI di Bangkok, Thailand. / KBRI Bangkok
Perayaan HUT kemerdekaan RI di Bangkok, Thailand. / KBRI Bangkok

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok menjadi Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001 untuk edisi 2015.

Duta Besar Indonesia Ahmad Rusdi menyatakan Sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut didasarkan penerapan sistem manajemen mutu yang dilakukan secara konsisten oleh KBRI Bangkok guna memberikan pelayanan publik, khususnya di bidang kekonsuleran dan keimigrasian yang prima sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

"Komitmen dan upaya KBRI Bangkok untuk memberikan pelayanan prima kepada publik tidak sia-sia. Komitment dan upaya tersebut mendapat pengakuan dari TÜV Rheinland, sebuah lembaga sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yang berbasi di Jerman, berupa pemberian sertifikat ISO 9001: 2015," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com pada Selasa (23/8/2016).

Menurut Ahmad Rusdi, dengan capaian teresebut, KBRI Bangkok menjadi Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri  yang pertama yang mendapatkan  sertifikasi ISO 9001 untuk edisi 2015. ISO edisi ini merupakan penyempurnaan dan pengembangan dari ISO 9001 edisi sebelumnya yang diterbitkan tahun 2008.

Perolehan sertifikasi ISO itu, lanjutnya, diterima di tengah semangat dan kebahagian KBRI Bagkok menyelenggarakan pesta rakyat dengan masyarakat Indonesia dan friends of Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2016 dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun  Kemerdekaan RI ke-71.

Sertifikasi tersebut diperoleh KBRI Bangkok setelah pada TÜV Rheinland  melakukan audit Sertifikasi SistemManajemen Mutu (SMM) Pelayanan Publik.

Audit ini mencakup pemeriksaan terhadap alur proses aktual pada beberapa bagian organisasi khususnya yang terkait dengan ruang lingkup Sertifikasi ISO dalam aspek pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian; melihat dan meninjau kesesuaian terhadap alur proses terkait dengan standar yang  telah ditentukan ISO; dan menilai kecukupan dokumen pelayanan publik maupun dokumentasi dari pelaksanaan dokumen tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper