Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasikan Ekonomi Kerakyatan, Toba Pulp Bantu Kelompok Tani

PT Toba Pulp Lestari Tbk menyerahkan bantuan 900 ekor ayam organik kepada kelompok tani Mandiri Persada Jaya di Toba Samosir.
PT Toba Pulp Lestari Tbk menyerahkan bantuan 900 ekor ayam organik kepada kelompok tani Mandiri Persada Jaya di Toba Samosir, Sumatra Utara./Istimewa
PT Toba Pulp Lestari Tbk menyerahkan bantuan 900 ekor ayam organik kepada kelompok tani Mandiri Persada Jaya di Toba Samosir, Sumatra Utara./Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - PT Toba Pulp Lestari Tbk menyerahkan bantuan 900 ekor ayam organik kepada kelompok tani Mandiri Persada Jaya di Toba Samosir, sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Bantuan tersebut diserahkan kepada 21 anggota kelompok tani (poktan) Mandiri Persada Jaya di Desa Lumban Rau Barat, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara, Kamis (5/6/2017).

Serah terima ayam organik dihadiri oleh Koordinator Pengembangan Masyarakat PT Toba Pulp Lestari (TPL) Merry Tinambunan; Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Habinsaran AKP Polin Damanik mewakili Kepolisian Resor (Polres) Tobasa; Kepala Desa Lumban Rau Barat Rukman Lubis; serta Ketua Poktan Mandiri Persada Jaya Anggiat Lubis.

Merry Tinambunan menyambut baik inisiasi Polsek Habinsaran yang sebelumnya memberi pelatihan dan penyuluhan kepada seluruh anggota Poktan Mandiri Persada Jaya.

Dia mengutarakan peningkatan ekonomi harus dapat diwujudkan terutama melalui peningkatan produktivitas di sektor agro, salah satunya di bidang peternakan. Ini berkaitan dengan rancangan perbaikan teknik budidaya di suatu daerah yang harus didasarkan pada faktor biofisik, keadaan sosial, budaya dan ekonomi setempat.

“Tujuannya agar produktivitasnya dapat menjamin pendapatan peternak yang cukup tinggi untuk mendukung kehidupan yang layak,” ujar Merry dalam siaran pers kepada Bisnis pada Kamis (5/10/2017).

AKP Polin Damanik mengapresiasi komitmen TPL yang mendukung sektor peternakan sebagai tulang punggung pereknomian warga di Desa Lumban Rau Barat.

“Kami berharap peternakan ayam organik Poktan Mandiri Persada Jaya menjadi contoh bagi desa lainnya di Kecamatan Habinsaran. Saya berpesan untuk berkomunikasi intensif bagi seluruh anggota agar bantuan ini memberikan manfaat yang maksimal,” ujar Damanik.

Sementara itu, Rukman Lubis dan Anggiat Lubis menyambut baik bantuan TPL untuk meningkatkan pendapatan seluruh anggota Poktan Mandiri Jaya.

“Kami akan mengimplementasikan seluruh pengetahuan yang pernah kami dapatkan pada saat pelatihan ternak oleh Polsek Habinsaran. Kami berterima kasih kepada TPL dan kami akan pelihara ayam-ayam ini,” ujar Anggiat Lubis.

Sebelumnya, Polres Tobasa melaksanakan pelatihan ternak ayam kepada Poktan Mandiri Persada Jaya beberapa waktu lalu.

TPL kemudian sepakat dengan Poktan Mandiri Persada Jaya untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan berlanjut dalam budi daya ayam organik agar dapat berdampak lebih luas pada masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Siti Munawaroh

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper