Ini Ciri-ciri Pemimpin Tim Kerja yang Efektif

Bagi Anda yang baru saja, atau mungkin sudah lama, memiliki anak buah, ada banyak hal yang harus diatur. Tidak hanya target dan tenggat waktu pekerjaan, tapi bagaimana mengelola anak buah dengan efektif serta efisien agar pekerjaan bisa selesai dengan baik.
Annisa Margrit | 02 Februari 2018 13:12 WIB
Ilustrasi - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun yang baru seringkali menjadi awal yang baru pula dalam hal pekerjaan. Anda mungkin pindah ke perusahaan lain atau menempati posisi baru yang lebih tinggi.

Bagi Anda yang baru saja, atau mungkin sudah lama, memiliki anak buah, ada banyak hal yang harus diatur. Tidak hanya target dan tenggat waktu pekerjaan, tapi bagaimana mengelola anak buah dengan efektif serta efisien agar pekerjaan bisa selesai dengan baik.

Tetapi, apa yang harus dimiliki oleh pemimpin tim yang baik? Berikut ciri-ciri pemimpin yang efektif seperti disarikan dari Qerja dan Chron, Jumat (2/2/2018):

1. Komunikasi
Pemimpin tim kerja yang efektif mampu berkomunikasi dengan jelas dengan keterampilan komunikasi verbal dan non verbal yang berkualitas. Dengan demikian, arahan dari pimpinan dapat dipahami dengan baik oleh seluruh anggota tim. Jangan hanya kemampuan berbicara yang dilatih karena kemampuan mendengarkan orang lain pun akan sangat berpengaruh bagi kesuksesan tim.

2. Pengelolaan organisasi
Pemimpin yang efektif mampu mengelola organisasi yang luar biasa. Keterampilan ini akan membantu pemimpin tim merencanakan tujuan dan strategi, yang memungkinkan setiap anggota tim bekerja dengan optimal. Orang yang terbiasa melakukan sesuatu secara terorganisir akan membuat sistem yang bisa membantu memenuhi sasaran proyek sembari membimbing anggota dengan teratur.

3. Percaya diri
Pemimpin yang percaya diri selalu yakin atas kemampuan, kinerja, dan keputusan yang diambil. Hasilnya, anggota tim pun merasa nyaman.

Anda juga harus percaya dengan kemampuan setiap anggota sehingga tidak perlu melakukan pengawasan secara berlebihan.

4. Menghormati dan dihormati
Pemimpin yang berkualitas pasti menghormati anggotanya dan akan mendorong karyawan untuk memberikan gagasan. Dengan sikap ini, anggota tim pasti merasa dihargai dan bangga karena pendapatnya didengar.

5. Adil
Pemimpin tim yang berkualitas akan memperlakukan anggota timnya dengan adil. Penghargaan, pengakuan, serta penindakan atas pelanggaran yang dilakukan harus dilakukan dengan konsisten.

6. Berintegritas
Seorang pemimpin tim yang efektif harus jujur dan terbuka kepada anggotanya. Pemimpin yang berintegritas akan mendapatkan kepercayaan dari anggota tim karena konsisten dengan apa yang dikatakan.

7. Menginspirasi
Pemimpin yang baik mestinya bisa menginspirasi anggota tim untuk mampu memenuhi tujuan dan sasaran proyek. Dengan demikian, anggota tim akan memiliki motivasi kerja yang besar.

8. Mampu mendelegasikan beban tugas
Pemimpin yang efektif tahu bagaimana membagi beban kerja. Mendelegasikan tugas-tugas tertentu kepada anggota tim yang dapat dipercaya memungkinkan Anda untuk fokus pada hal lain.

9. Fasilitator
Pemimpin tim yang baik adalah fasilitator yang hebat. Jika ada anggota tim yang kesulitan menjalankan tugasnya, maka pemimpin tim bisa membantu menyusun rencana tindakan untuk memastikan anggota tim memenuhi sasaran dengan efisien.

10. Negosiator
Selama proyek berlangsung, akan selalu ada hambatan dan rintangan yang muncul. Mungkin saja ada ancaman yang cukup besar yang membuat proyek tidak bisa selesai tepat waktu dan sesuai target. Pada saat-saat seperti inilah, pemimpin tim diharapkan bisa bernegosiasi dengan atasan dan klien.

Sumber : Qerja, Chron

Tag : karier
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top