3 Karakter Ini Bantu Anda Menangkan Pekerjaan di Perusahaan Ternama

Tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan teknologi papan atas seperti Netflix, Google, atau Amazon. Untuk informasi saja, perusahaan-perusahaan tersebut menerima 5.000.000 resume untuk hanya sekitar 12.000 lowongan pekerjaan terbuka tahun lalu.
Renat Sofie Andriani | 30 Maret 2018 14:53 WIB
Ilustrasi - Pineslearning

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi, media, dan finansial mendominasi daftar perusahaan yang paling diincar para pencari kerja di Amerika Serikat (AS) tahun ini, berdasarkan data yang dihimpun LinkedIn.

Namun, tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan teknologi papan atas seperti Netflix, Google, atau Amazon.

Untuk informasi saja, perusahaan-perusahaan tersebut menerima 5.000.000 resume untuk hanya sekitar 12.000 lowongan pekerjaan terbuka tahun lalu.

Menurut pakar manajemen sekaligus kontributor CNBC Suzy Welch, dibutuhkan lebih dari sekadar keterampilan dan pengalaman untuk bisa menempati posisi di salah satu perusahaan tersebut.

Selain pastinya resume yang cemerlang, tiga karakter di bawah ini menurutnya berperan besar untuk dapat memenangkan persaingan:

1. Passion terhadap misi perusahaan

Untuk mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan favorit tersebut, Anda harus menunjukkan pemahaman dan keyakinan terhadap misi dan nilai-nilai perusahaan dalam wawancara yang Anda jalani.

“Wawancara Anda harus membuktikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang mendalam dengan nilai dan jiwa, berikut sejarah dan masa depan perusahaan,” ujar Welch. “Dan Anda perlu menegaskan bahwa Anda memiliki misi.”

“Tunjukkan pada manajer HRD bahwa Anda tidak bekerja untuk hidup, tetapi sebaliknya bahwa Anda hidup untuk bekerja, khususnya, untuk perusahaan dengan tujuan.”

2. Intensitas

Jika Anda terbiasa santai, jelas Welch, bekerja untuk salah satu perusahaan terkemuka saat ini mungkin tidak sesuai dengan Anda. Perekrut, katanya, mencari seseorang dengan ‘intensitas’.

“Tesla adalah perusahaan di mana keunggulan menjadi passing grade. Facebook [sebagai contoh] menginginkan pegawainya berkarakter berani dan bergerak cepat,” katanya.

Perusahaan-perusahaan ternama menginginkan kandidat yang percaya diri serta penuh dengan ide dan energi.

3. Sisi kemanusiaan

Kebanyakan perusahaan papan atas memang mencari kandidat dengan pengalaman industri. Tetapi untuk benar-benar menonjol, terang Welch, Anda juga harus menunjukkan cinta kepada pelanggan, kolega, dan sesama karyawan.

“Perusahaan-perusahaan top menggunakan wawancara untuk mencari empati, kebaikan, rasa setia kawan, dan originalitas. Mereka ingin melihat sisi kemanusiaan Anda yang sesungguhnya,” lanjutnya.

Mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan yang paling banyak dicari di Amerika bukanlah hal yang mudah.

Namun jika menunjukkan keseimbangan yang tepat antara keterampilan dan kepribadian, Anda akan memiliki peluang yang cukup bagus untuk mendapatkan posisi tidak hanya di kantor-kantor Amazon dan Google di seluruh dunia, tetapi juga di mana saja Anda mau bekerja.

Tag : pekerjaan, Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top