Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bank Muamalat & Baznas Permudah Pelaksanaan Kurban

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka layanan Tabung Kurban untuk memudahkan masyarakat muslim melaksanakan ibadah kurban.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 06 Agustus 2018  |  20:22 WIB
Bank Muamalat & Baznas Permudah Pelaksanaan Kurban
Ketua Bazan Bambang Sudibyo (kedua kanan) dan Direktur Bisnis Ritel PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Purnomo B. Sutadi (kedua kiri) sepakat menyukseskan Program Kurban Berdayakan Desa, di Kantor Baznas Pusat, Jakarta, Senin (6/8/2018). - JIBI/Nurudin Abdullah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka layanan Tabung Kurban untuk memudahkan masyarakat muslim melaksanakan ibadah kurban.

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat, Purnomo B. Sutadi, mengatakan program Tabung Kurban juga dimaksudkan untuk ikut memberdayakan desa melalui hajat tahunan masyarakat muslim menunaikan ibadah penyembelihan hewan kurban.

“Masyarakat muslim dapat berkurban dengan mekanisme pembayaran lebih ringan melalui program Tabung Kurban, yakni menabung via virtual account Bank Muamalat hingga terkumpul nominal harga hewan kurban,” katanya, Senin (6/8/2018).

Sementara itu Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, menjelaskan pihaknya menyiapkan program untuk memudahkan masyarakat menunaikan ibadah kurban yang dana pembeliannya lewat bank dan e-channel yakni ATM, mobile banking dan internet banking.

“Untuk itu Baznas telah bekerja sama dengan 5 bank yakni Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah, Bank Mandiri, Bank BCA dan Bank Muamalat,” tegasnya.

Menurutnya, Baznas ingin melayani sebaik mungkin masyarakat yang akan melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha dengan menyediakan berbagai akses kemudahan dalam pembayarannya.

Selain itu, lanjutnya, Baznas memiliki Program Kurban Berdayakan Desa dengan melibatkan para peternak desa yang dihimpun dalam sejumlah kelompok dan untuk setiap kelompok beranggota sekitar 20 orang peternak.

Para peternak itu mendapat kambing anakan dari Baznas masing-masing 5 ekor per orang untuk dipelihara hingga menjadi besar dan layak disembelih. Kambing itu dibeli lagi oleh Baznas dengan harga sesuai pasar agar menguntungkan peternak.

“Pada program ini hewan kurban yang dibeli oleh Baznas dari para peternak desa binaan itu, kemudian dipotong di desa itu juga dan dagingnya pun dibagi-bagikan kepada masyarakat desa tempat peternak itu juga,” tegasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewan kurban idul adha
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top