Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIRUT JFX Stephanus Paulus Lumintang: Optimisme Harus Dibangkitkan

Situasi bisnis mendekati Pemilihan Presiden 2019 memang penuh dinamika. Demikian halnya yang terjadi di sektor komoditas.
Ilustrasi - Cryptocurrency/Istimewa
Ilustrasi - Cryptocurrency/Istimewa

Produk Kripto yang Fantastis

Apakah perusahaan tertarik untuk membuka produk kripto? Bagaimana potensinya?

Dengan modal disetor Rp1,5 triliun untuk bisa memperdagangkan kripto, kami masih pikir-pikir. Dari aturannya itu modal disetor saja Rp1,5 triliun, dan itu nilai yang fantastis. Saya rasa potensinya masih tetap ada, karena kripto ini sesuatu yang baru dan wujudnya ini berupa koin yang berbasis aset.

Saya tidak menolak, tetapi saya pasti akan menghitungkan secara seksama nilai ekonomisnya dan kapan baliknya. Selain itu, masyarakat Indonesia sudah menjadi captive market dari exchanger-exchanger lain di luar negeri, yang lebih dahulu mulai.

Dengan ketentuan modal disetor yang cukup besar, apakah perusahaan berencana mundur?

Kami tidak mundur, tetapi terus terang kami sudah ada patner yang bersedia untuk membantu kami. Calon partner kami ini salah satu bursa yang juga cukup besar di Eropa. Kalau tanpa partner, terus terang kami masih akan pikir-pikir untuk modal disetor Rp1,5 triliun.

Bagaimana pandangan Anda terhadap regulasi kripto ini sebenarnya?

Pemerintah setiap mengeluarkan peraturan tentunya sudah melakukan tukar pikiran dan meminta pertimbangan-pertimbangan dengan pelaku industri serta instansi terkait lainnya.

Saya kira, aturan yang dikeluarkan sejauh ini masih wajar, karena nasabah harus merasa aman dan percaya. Hanya saja, kita tinggal melihat apakah kita mau masuk ke dalam situ atau tidak? Untuk memutuskan masuk tentu perlu kalkukasi super ketat.

Apa tips atau masukan Anda kepada investor pemula?

Investor pemula perlu pemahaman yang ekstra, karena ini bukanlah saving, tetapi sebuah market yang bisa naik dan turun setiap waktu. Jadi kita perlu berhati-hati sekali, dan pemahaman sebuah bisnis perlu dicermati.

Risiko bisnisnya seperti apa? Tentunya kalau sudah mau berusaha untuk berinvestasi, kita sudah merencanakan seberapa kuat daya tahan saya untuk berinvestasi? Sampai di level berapa mampu ambil risiko, dan sampai di tingkat berapa kita harus take the profit atau cut loss?

Dalam berinvestasi harus menghindari ketamakan, karena akan menjadi malapetaka yang menggerogoti diri sendiri. Bagi para pemula, tentunya industri kita ini harus punya kemapanan dalam finansial dulu.

Selain itu, perlu adanya pemahaman ilmu dalam investasi perdagangan berjangka yang cukup yang bisa membantu dalam membuat sebuah keputusan berinvestasi, dan bertransaksilah di pialang yang legal. Sebagai latihan, kami juga menyediakan akun demo.

BIODATA

Nama : Stephanus Paulus Lumintang

Tempat Tanggal Lahir: Tegal, 4 Juni 1971

Riwayat Pendidikan:

- MBA, Jurusan General Management (Finance & Marketing) Phillippine School of Business Administration

- SE, Strata 1 Jurusann Akuntansi, Universitas Klabat, Mnado, Indonesia.

Riwayat Karier:

- Direktur Utama Jakarta Futures Exchange (JFX) (Juni 2015—Sekarang)

- Kepala Divisi Finance dan Accounting JFX (2011—2015)

- Kepala Divisi Audit dan Surveillance JFX (2008—2010)

Pewawancara: Hafiyyan, Fitri Sartina Dewi, & Finna Ulia Ulfah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper