Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hal Penting yang Harus Dicermati saat Memulai Bisnis Makanan

Bisnis apa yang disebutkan tidak pernah sepi dari pelanggan? Yah, salah satunya adalah bisnis makanan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  11:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis apa yang disebutkan tidak pernah sepi dari pelanggan? Yah, salah satunya adalah bisnis makanan.

Alasannya, karena orang butuh makanan setiap hari. Tetapi, bukan karena alasan itu lantas bisnis makanan akan selalu laris dan tidak akan bangkrut.

Tidak sedikit bisnis makanan yang justru bangkrut karena sepi pelanggan. Hal ini bukan karena orang tidak lagi mencari makanan, tetapi karena jualannya tidak sesuai dengan selera orang.

Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis makanan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar bisnis Anda tidak gulung tikar di tengah jalan.

Berikut beberapa tips memulai bisnis makanan agar laris manis :

Permintaan

Ini merupakan dasar penting dalam memulai semua bisnis. Anda harus melihat sebesar apa demand atau permintaan suplai makanan di wilayah Anda akan membuka bisnis tersebut.

Jangan membuka bisnis makanan di tempat sepi dimana pelanggan sulit ditemukan. Carilah keramaian yang menunjukan permintaan tinggi.

Rasa

Dalam bisnis makanan, rasa yang luar biasa mirip dengan mobil yang memiliki rem. Ketika Anda membeli mobil, Anda mengharapkannya memiliki rem. Tanpa rasa yang enak, pasti orang malas untuk membeli makanan yang Anda jual.

Rasa yang enak adalah harapan di pihak konsumen. Secara teknis, Anda bisa mengatakan itu adalah fitur penjualan, tetapi pada kenyataannya, itu adalah harapan yang dimiliki konsumen ketika mereka mengambil produk dari rak.

Jenis makanan

Makanan adalah bisnis yang banyak digeluti orang. Selain fakta bahwa makanan adalah hal primer yang dibutuhkan manusia, biayanya juga relatif murah. 

Karena itu, sangat penting untuk memastikan jenis makanan apa yang Anda jual. Carilah jenis makanan yang paling dicari orang dan bertahan lama. Bisa juga memilih menjual makanan yang sedang hits, tapi biasanya itu hanya bertahan sebentar atau musiman saja.

Persaingan

Saking banyaknya orang yang berjualan makanan, maka persainganpun semakin tinggi. Karena itu butuh strategi jitu untuk memulai bisnis yang satu ini. Bisnis makanan Anda harus memiliki keunggulan dibandingkan pesaing yang juga menjual produk yang sama misalnya. Sehingga nilai jual usaha Anda akan lebih tinggi.

Resep

Resep, ini merupakan hal penting yang menjadi rahasia utama dalam bisnis makanan. Banyak pebisnis makanan yang merahasiakan resep masakannya karena itu adalah kelebihan yang dimilikinya. Pilihlah resep atau modifikasi resep sendiri sehingga makanan yang Anda jual lebih enak dan unik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis

Sumber : Thebalancescmb.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top