Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayoritas Perempuan Indonesia Berbisnis Karena Alasan Punya Waktu Luang

Di Indonesia, 29 persen pelaku bisnis yang disurvei melalui Facebook adalah perempuan, dan 28 persen dari mereka memulai bisnis karena situasi dan waktu yang fleksibel, 18 persen mengatakan membangun bisnis sebagai wujud nyata cita-cita mereka, dan 20 persen menyebutkan membangun bisnis karena mereka ingin menjadi bos untuk diri mereka sendiri.
Ilustrasi/Match
Ilustrasi/Match

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati hari Perempuan Internasional tahun ini, Facebook membuat riset bernama Future of Business, sebuah kolaborasi antara Facebook, Bank Dunia, dan OECD untuk melakukan survei kepada jutaan bisnis kecil di Facebook di seluruh dunia selama dua kali dalam setahun.

Pihaknya juga membagikan data tiap negara dari survei ini secara terbuka bagi pembuat kebijakan, lembaga penelitian, dan organisasi nirlaba, untuk memberikan pandangan global tentang tantangan dan peluang bisnis kecil online. Data ini dikumpulkan di lebih dari 100 negara pada akhir 2019 dan berfokus pada isu-isu yang dihadapi perempuan dalam bisnis, termasuk alasan mereka memulai bisnis, akses ke kredit, skala bisnis, dan pendapat mereka tentang bagaimana media sosial membantu perkembangan bisnis.

Di Indonesia, 29 persen pelaku bisnis yang disurvei melalui Facebook adalah perempuan, dan 28 persen dari mereka memulai bisnis karena situasi dan waktu yang fleksibel, 18 persen mengatakan membangun bisnis sebagai wujud nyata cita-cita mereka, dan 20 persen menyebutkan membangun bisnis karena mereka ingin menjadi bos untuk diri mereka sendiri. Para perempuan ini juga menggarisbawahi pentingnya peran media sosial terhadap bisnis mereka, dengan 64 persen mengecek Facebook Page mereka setiap minggunya, dan 89 persen menyebutkan media sosial sangat membantu bisnis mereka.

Namun, para perempuan wirausaha ini masih menghadapi tantangan dalam pertumbuhan dan keuangan. Terlepas dari kenyataan bahwa 53 persen dari mereka memiliki setidaknya dua tahun pengalaman bekerja di industri, survei kami menunjukkan 87 persen perempuan wirausaha di Indonesia memimpin bisnis dengan jumlah karyawan kurang dari 10 orang, dan menjalankan bisnis yang lebih kecil daripada rekan-rekan pria mereka. Hanya 20 persen perempuan wirausaha yang memiliki akses ke pinjaman atau kredit.

Facebook berkomitmen untuk memberikan dunia yang setara dengan mendukung perempuan melalui inisiatif-inisiatif yang dapat membantu mereka, serta menawarkan pelatihan, bimbingan, jaringan, dan komunitas, yang semuanya merupakan faktor-faktor penting dalam membantu para perempuan sukses dalam bisnis mereka.

Terdapat juga program-program seperti #SheMeansBusiness, yang memberikan kesempatan bagi para perempuan untuk terhubung agar dapat saling belajar. Facebook telah memberikan pelatihan bagi lebih dari 320.000 usaha kecil menengah di 197 lokasi di Asia Pasifik - 50 persen diantaranya adalah perempuan wirausaha.

Tahun ini, Facebook meluncurkan #TechByHer, sebuah inisiatif yang menyediakan program yang lebih inklusif dan mendukung para perempuan dalam dunia teknologi di seluruh Asia Pasifik. Program ini memberikan pelatihan untuk membuat produk yang lebih baik dan meningkatkan skala bisnis mereka, tips tentang bagaimana menggunakan platform kami untuk monetisasi produk, dan berbagi kisah sukses dari para developer dan pelaku bisnis di seluruh dunia.

Facebook berharap dapat merayakan keberhasilan mereka di tahun-tahun mendatang dan berkontribusi untuk dunia yang lebih setara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper