Indonesia Peringkat Ke Empat di Dunia dengan Pemimpin Perempuan Terbanyak

Proporsi perusahaan mid-market dengan setidaknya satu wanita di jenjang manajemen senior di seluruh dunia bertahan stabil di 87 persen. Angka ini mengalami peningkatan hampir 20 poin selama lima tahun terakhir.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  10:01 WIB
Indonesia Peringkat Ke Empat di Dunia dengan Pemimpin Perempuan Terbanyak
Ilustrasi - Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak dapat dipungkiri, dunia usaha di Tanah Air secara aktif telah menghilangkan berbagai hambatan untuk mewujudkan kesetaraan gender di tingkat senior.

Proporsi perusahaan mid-market dengan setidaknya satu wanita di jenjang manajemen senior di seluruh dunia bertahan stabil di 87 persen. Angka ini mengalami peningkatan hampir 20 poin selama lima tahun terakhir.

Data tersebut dipublikasikan pada laporan Women in Business 2020 yang dirilis oleh Grant Thornton International dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret.

Menurut laporan tersebut, Indonesia dan Meksiko menduduki urutan ke-4 dengan persentase wanita di posisi manajemen senior paling banyak yaitu sebesar 37 persen. Filipina menempati urutan tertinggi yaitu 43 persen dan diikuti oleh Afrika Selatan 40 persen dan Polandia 38 persen.

Laporan Women in Business tahun ini juga memperlihatkan upaya mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia seperti memberikan bimbingan dan pembinaan 52 persen, menciptakan budaya inklusif 35 persen, dan penetapan target/ kuota untuk keseimbangan gender di tingkat senior 31 persen kesemuanya memperlihatkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Francesca Lagerberg, global leader, Grant Thornton International Ltd mengatakan dirinya sangat Sangat gembira melihat upaya yang sudah dilakukan ketika perusahaan-perusahaan mid-market meningkatkan upaya untuk mendorong kemajuan dan aksesibilitas ke posisi kepemimpinan untuk wanita.

“Pada tahun 2018 kita melihat adanya peningkatan tajam dalam representasi wanita di tingkat senior, namun angka tahun ini tercatat stabil dan ini berarti bahwa perubahan di posisi senior masih akan terjadi,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Selasa (10/3/2020).

Menariknya, menurut Francesca tahun ini terdapat peningkatan pada kesetaraan gender di level pemimpin tertinggi perusahaan-perusahaan. Jika tahun sebelumnya hanya 15% perusahaan di dunia yang posisi CEO atau Direktur Pelaksananya dijabat oleh wanita, tahun ini terjadi peningkatan menjadi 20%. Di Indonesia juga ada sedikit peningkatan yaitu di angka 20%, dibanding tahun sebelumnya yang berada pada angka 19%.

Tiga Posisi Senior Terbanyak di Indonesia yang dijabat oleh Wanita

Laporan Women in Business 2020 juga menunjukkan 3 (tiga) posisi terbanyak yang diduduki wanita di jenjang manajemen senior di Indonesia yaitu

1.            Chief Finance Officer (CFO) sebanyak 48%,

2.            Human Resources Director sebanyak 26%

3.            Chief Information Officer (CIO) sebanyak 25%.

Sedikit pergeseran dari posisi tahun lalu dimana Chief Information Officer (CIO) menduduki peringkat tiga menggantikan posisi favorit selama ini, Chief Marketing Officer (CMO)

Sementara itu, Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia mengatakan penting bagi perusahaan-perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong kemudahan akses bagi wanita-wanita untuk tumbuh dan berkembang.

“Kesetaraan gender memberikan banyak manfaat bagi dunia usaha berkat sudut pandang yang lebih menyeluruh," ujarnya.

Menurut Johanna Inisiatif tersebut juga membutuhkan peran dari para pemimpin senior pria. Selain itu menciptakan suasana pekerjaan yang fleksibel dan menyediakan pembinaan serta bimbingan akan berkontribusi signifikan terhadap kesetaraan gender.

“Ketika semua sudah menjalankan komitmennya, transformasi yang nyata akan terjadi dengan sendirinya,” tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perempuan, Tips Karir

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top