Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Usaha Waralaba, Ini Tips Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Tri Raharjo memperkirakan kondisi ini akan terus berlanjut dalam beberapa bulan ke depan. Apalagi pemerintah telah menetapkan status bencana atas wab
Ilustrasi waralaba/
Ilustrasi waralaba/

Bisnis.com, JAKARTA - Merebaknya virus corona (Covid-19) sejak awal Maret 2020 ini telah memukul sejumlah pelaku usaha.

Kondisi ini menyebabkan merosotnya omzet hingga 50 persen bahkan sebagian sudah menutup outlet karena tidak memiliki pemasukan sama sekali.

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Tri Raharjo memperkirakan kondisi ini akan terus berlanjut dalam beberapa bulan ke depan. Apalagi pemerintah telah menetapkan status bencana atas wabah Covid-19 hingga 29 Mei mendatang.

“Sejumlah bisnis waralaba yang terkena imbas antara lain di bidang travel, spa, salon, pijak refleksi, kuliner, karoke keluarga, hingga café. Untuk yang berada di mall, dan mall nya tutup bahkan tidak punya pendapatan sama sekali,” ujarnya.

Meski demikian, sambungnya, para pelaku bisnis harus tetap optimis mencari solusi terbaik sehingga usahanya tetap bertahan dan berjalan baik.

Setidaknya, para pelaku usaha perlu memikirkan rencana jangka pendek dalam tiga bulan ke depan dan rencana jangka panjang hingga akhir 2020.
“Tujuannya agar bisnis waralaba dapat bertahan baik franchisor maupun jaringan bisnisnya yang dimiliki franchisee atau mitra,” tuturnya.

Untuk itu, Tri memberikan beberapa tips dari berbagai aspek yang bisa diterapkan oleh para pebisnis waralaba  dalam menghadapi pandemik Covid-19 ini, mulai dari aspek keuangan, aspek pelanggan dan marketing, hingga sumber daya manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Keuangan
Penulis : Dewi Andriani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper