Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tips Meningkatkan Hubungan Dengan Pelanggan di Masa Pandemi

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pebisnis harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen agar bisnisnya tetap berjalan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 Mei 2020  |  22:11 WIB
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen. - Ilustrasi/Bisnis/Amri Nur Rahmat
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen. - Ilustrasi/Bisnis/Amri Nur Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk menjaga eksistensi bisnis di masa pandemi virus corona saat ini, penting bagi perusahaan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Ketika interaksi secara langsung menurun signifikan karena adanya aturan social distancing, maka yang diperlukan ialah adanya interaksi secara digital.  

Sebab, bagaimanapun jaringan atau networking merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis sehingga hubungan tersebut harus tetap dijaga dan dipertahankan. Hal ini juga penting untuk membuat brand kita tetap diingat.

Berikut ini lima hal yang dapat dilakukan untuk dapat tetap meningkatkan hubungan baik termasuk dengan prospek, pelanggan, maupun karyawan seperti dikutip dari situs entrepreneur.com:

1. Terhubung dengan orang-orang di daftar kontak atau database Anda.

Ini lah saat nya untuk kita kembali menghubungi orang-orang yang ada di daftar kontak atau database untuk menanyakan kabar sekaligus memberitahukan informasi terkini mengenai perusahaan, mulai dari promosi, kampanye, dan lain sebagainya. Lakukanlah kontak secara personal, sehingga orang tersebut merasa lebih dihargai, dan tetaplah merespons atau menanggapi pesan yang masuk secara cepat.

2. Berikan hadiah kecil kepada klien atau mitra

Saat ini, orang-orang rentan untuk stress. Pada masa tersebut, mereka tentu membutuhkan perhatian besar. Jika ada klien, mitra, atau hubungan bermakna lain yang sedang anda prospek, maka tidak ada salahnya untuk memberikah hadiah kecil yang dapat menghibur mereka pada masa sulit ini.

3. Berikan pesan yang sederhana dan pribadi.

Ingatlah bahwa Anda tidak perlu menanyakan semua pertanyaan atau membagikan semua informasi yang ingin disampaikan pada pesan pertama. Buat koneksi titik sentuh sehingga orang-orang tahu bahwa Anda memikirkan mereka. Koneksi yang Anda buat hanya perlu beberapa kata, tetapi itu membuat seseorang tahu Anda ada di sana.

Alih-alih membanjiri dan membombardir pesan kepada teman-teman dan kontak pesan Anda, pertahankan pesan sesederhana mungkin dengan satu pikiran. Lebih disukai, Anda dapat mengekspresikan sesuatu yang menunjukkan bahwa Anda memikirkannya secara pribadi ketika menulis catatan itu.

Misalnya, jika itu adalah karyawan, tanyakan kepada mereka tentang keluarga mereka. Jika kontak Anda dengan pelanggan yang berharga, tanyakan tentang kondisi di kota mereka. Cari tahu bagaimana komunitas mereka menangani gangguan yang berkepanjangan.

4. Beri tanggapan

Ketika banyak pesan yang Anda terima, jangan lupa untuk segera memberikan respons sehingga pihak pengirim mengetahui bahwa pesan yang dia kirim telah Anda terima dengan baik, apalagi jika pesan tersebut terbilang cukup penting dan bersifat personal.

Hal sederhana ini dapat memperkuat hubungan Anda dengan orang lain sekaligus menjadi cara terbaik untuk mempertahankan komunikasi di lain waktu. Jika Anda tidak punya waktu untuk menulis respons penuh, simpan pesannya, lalu tulis kembali. Anda dapat menjawab pertanyaan atau mengirim respons positif untuk menunjukkan penghargaan Anda dalam komunikasi tersebut.

5. Gunakan seluruh saluran komunikasi

Gunakanlah semua saluran komunikasi untuk tetap terhubung dengan berbagai pihak. Bisa juga lakukan konferensi video sehingga terjadi percakapan tatap muka untuk mempertahankan dan memelihara hubungan baik

Berikan berbagai informasi berharga melalui media sosial maupun situs web yang dapat membantu pelanggan dan prospek selama pandemi coronavirus. Anda bisa menyertakan konten-konten yang menarik pada saluran media sosial misalnya mengenai tips kesehatan, keuangan, gaya hidup dan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis konsumen pelanggan kepercayaan konsumen Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top