Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

John Mars: Mendulang Kekayaan dari Warisan Cokelat Mars

Sebagai bagian dari keluarga Mars, John memiliki kekayaan bersih sekitar US$37,1 miliar berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, dan merupakan orang terkaya ke-24 di dunia per Juni 2020.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 15 Juni 2020  |  15:55 WIB
John Mars
John Mars

Bisnis.com, JAKARTA -- John Franklin Mars adalah salah satu pengusaha terkaya di dunia dan merupakan pewaris untuk perusahaan cokelat dan permen terbesar dunia, Mars Inc.

Sebagai bagian dari keluarga Mars, John memiliki kekayaan bersih sekitar US$37,1 miliar berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, dan merupakan orang terkaya ke-24 di dunia per Juni 2020.

John, Jacqueline Mars dan Forrest Mars Jr (meninggal Juli 2016) mewarisi saham perusahan di mana Jacqueline dan John masing-masing memiliki sekitar sepertiga dari perusahaan. Sementara itu, eempat putri almarhum kakaknya Forrest Jr. memiliki sisanya.

Dilansir melalui Wealthy Gorilla, kekayaan John yang mengesankan sebagian besar datang berkat nasibnya yang terlahir di keluarga Mars, dengan produk-produk cokelat terkenal yang laris di AS maupun dunia seperti cokelat Mars, Snickers, M&Ms, Skittles, Milky Way, Twix dan banyak lagi.

Terlepas dari kepopuleran dan kekayaan yang dia miliki, sosok John Mars sangat tertutup dan jarang terlihat dari sorotan publik. Dia kini tinggal di rumahnya di Jackson, Wyoming.

Dia menikah dengan Adrienne Bevis, sejak 1959 dan memiliki tiga anak: Linda Anne Mars, Frank Edward Mars, dan Michael John Mars.

Meskipun dia mungkin bukan miliarder yang sering tampil, John Mars membuktikan eksistensinya dengan membimbing perusahaan keluarga itu menjadi salah satu merek permen paling disegani di dunia.

Pada salah satu aksi korporasi terbesarnya, John mengakuisisi produsen permen karet raksasa, Wringley, pada 2008 seharga US$23 miliar.

Pendirinya Mars Inc., Franklin Clarence Mars belajar untuk mencelupkan cokelat dengan tangan dari Ibunya pada usia muda. Sejak 1911, dia mulai menjual cokelat dari dapurnya di Tacoma, Washington, yang kemudian dinamakan Mars Candy Factory.

Bisnis ini lalu diturunkan ke anaknya, Forrest Edward Mars Sr., yang kemudian untuk pertama kalinya memperkenalkan cokelat Milky Way yang populer pada 1923 dan cokelat Mars yang diperkenalkan pada 1932.

Forrest Sr. juga merupakan orang yang berpengaruh pada pertumbuhan perusahaan dengan berekspansi ke sektor hewan peliharaan, memproduksi makanan hewan seperti Pedigree, Whiskas dan Royal Canin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daftar miliarder tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top