Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nilai Kekayaan Jeff Bezos Lampaui Nike, McDonald's dan Hampir Menyusul Dow

Harga saham Amazon telah melonjak 65% tahun ini, meningkatkan kekayaan pendiri dan CEO itu menjadi US$186 miliar pada penutupan Selasa (21/7), menurut Bloomberg Billionaires Index.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  13:07 WIB
Jeff Bezos
Jeff Bezos

Bisnis.com, JAKARTA -- Nilai kekayaan pribadi Jeff Bezos tercatat telah melampaui beberapa perusahaan terbesar Amerika Serikat seperti Nike, McDonald's serta Cotsco.

Harga saham Amazon telah melonjak 65% tahun ini, meningkatkan kekayaan pendiri dan CEO itu menjadi US$186 miliar pada penutupan Selasa (21/7), menurut Bloomberg Billionaires Index.

"Bezos memiliki hampir 55,5 juta saham di Amazon, atau senilai 11,1% saham di raksasa e-commerce yang menyumbang sebagian besar kekayaannya," seperti dilansir melalui Entrepreneur, Jumat (24/7).

Kekayaan Bezos juga melebihi kapitalisasi pasar McDonald's sebesar US$143 miliar.

Raksasa makanan cepat saji ini menghasilkan US$21 miliar dalam penjualan tahun lalu dan memiliki 205.000 karyawan serta 39.000 restoran secara global.

Bos Amazon ini juga lebih kaya dari kapitalisasi pasar Costco yang bernilai US$145 miliar.

Mega-retailer itu meraih pendapatan US$153 miliar tahun lalu dari 99 juta pemegang kartu Costco, dan mempekerjakan 254.000 orang.

Perbandingan kekayaan bersih Bezo dengan beberapa perusahaan terbesar Amerika pertama kali dilakukan oleh Fortune.

Lonjakan harga saham Amazon, dan kekayaan Bezos, mencerminkan keuntungan perusahaan selama pandemi virus corona.

Sejak diberlakukan lockdown dan pembatasan sosial, orang jadi lebih sering berbelanja secara online dan di AS, sebagian besar melakukannya melalui Amazon.

Tidak hanya berbelanja, pengguna juga dapat menonton film dan acara TV di Prime Video serta mengandalkan platform cloud AWS ketika bekerja dari rumah.

Investor bertaruh Amazon dapat mempertahankan banyak pelanggan baru dari periode ini.

Dengan demikian, Bezos sekarang juga bernilai lebih dari Oracle (kapitalisasi pasar US$176 miliar), Salesforce (US$172 miliar) dan IBM (US$112 miliar).

Kekayaannya tercatat lebih dari dua kali lipat kapitalisasi pasar Starbucks (US$88 miliar) dan Goldman Sachs (US$73 miliar), dan lebih dari tiga kali lipat kapitalisasi pasar General Electric (US$62 miliar) dan Target (US$60 miliar).

Di samping itu, kekayaan Jeff Bezos bernilai lebih dari 13 di antara 30 perusahaan Dow, dan lebih dari 85% saham di Nasdaq 100 dan S&P 500.

Hanya 30 perusahaan di ketiga indeks dengan kapitalisasi pasar yang lebih tinggi daripada kekayaan bersih Bezos.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jeff bezos tokoh bisnis tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top