Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Manfaat Punya Mentor Agar Sukses Berbisnis

Tujuannya yakni mulai dari untuk mempertajam keputusan bisnis hingga meluaskan koneksi dan kemitraan, kehadiran mentor dapat membantu dan membimbing kita menuju kesuksesan dalam perjalanan berbisnis.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  06:15 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com,  JAKARTA - Dalam memulai sebuah bisnis, kadang kita harus belajar dari sesuatu atau seseorang yang lebih berpengalaman.

Tujuannya yakni mulai dari untuk mempertajam keputusan bisnis hingga meluaskan koneksi dan kemitraan, kehadiran mentor dapat membantu dan membimbing kita menuju kesuksesan dalam perjalanan berbisnis.

Sebagai pemilik bisnis, terasa menyenangkan dan membanggakan saat menciptakan dan membangun visi kita menjadi bisnis sendiri.

Namun sering terjadi kita tidak selalu tahu segalanya tentang apa yang harus kita lakukan untuk pengembangan bisnis berkelanjutan, dan tepat di sinilah mengapa keberadaan mentor untuk bisnis kita menjadi penting.

Agung Bezharie, Co-Founder dan CEO Warung Pintar, menyampaikan, mentor berperan penting dalam perjalanan bisnisnya di Warung Pintar, perusahaan teknologi sektor mikro ritel yang membantu digitalisasi dan transformasi bisnis mikro (warung). Agung berbagi pengalaman tentang bagaimana mentor dapat membantu pebisnis, untuk mengembangkan pola pikir yang kuat dan keterampilan memecahkan masalah.

“Pentingnya mentor adalah membantu membangun pola pikir kita sebagai pebisnis dari seseorang yang memiliki high-level view. Ada istilah: kita adalah rata-rata 5 orang di sekitar kita. Jika kita bisa mendesain 5 orang di sekitar kita yang bisa menjadi sumber daya pengetahuan dan pengalaman, yang mana hal itu bisa kita dapatkan dari mentor kita, kemungkinan besar kita bisa mencapai apa yang kita cita-citakan”, ujar Agung.dikutip dari siaran persnya.

Sedangkan bagi Pangeran Siahaan, Founder dan CEO Asumsi, memiliki mentor adalah hal krusial dalam perjalanan bisnis, termasuk dalam perjalanannya mengembangkan Asumsi, perusahaan media multi-platform yang berfokus pada current affair dan budaya pop untuk audiens muda.

Menurut Pangeran, hal utama dari seorang pebisnis adalah self-awareness, dalam hal ini, mengetahui ada hal-hal yang tidak kita ketahui.

“Kadang pebisnis dengan segala egonya, merasa bisa menangani sendiri. Padahal tidak mungkin kita bisa mengetahui segala hal. Kita harus berdamai dengan diri kita sendiri, bahwa tidak semua bisa kita tahu, dan justru dengan tahu apa yang kita tidak tahu, kita bisa mencari orang untuk membantu. Kita bisa mencari orang yang lebih pintar, superior, atau berpengalaman, yaitu mentor kita, untuk kita dengarkan,” tambah Pangeran lebih lanjut.

Manfaat Memiliki Mentor untuk Sukses Berbisnis

Berikut adalah sejumlah manfaat dari memiliki mentor dalam perjalanan bisnis dan membangun kesuksesan dikutip dari webinar “The Importance of Finding the Right Business Mentor to Support You Entrepreneurial Mindset” yang digelar oleh Diplomat Success Challenge (DSC) : 

1. Mendapatkan perspektif lebih luas

Manfaat nyata memiliki mentor adalah kita punya tempat bertanya, dan mendapat nasihat berharga dari yang lebih berpengalaman, untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kita dalam berbisnis. Seorang mentor juga membantu kita melihat masalah dan situasi dari perspektif eksternal, misalnya, melalui kacamata pelanggan, calon investor atau pemerintah.

“Mentor telah bertemu banyak orang dan menangani banyak hal, mereka bisa membantu kita melihat lebih luas, dari perspektif ekonomi, sosial, dan lainnya, jadi kita bisa melatih cara berpikir kita,” ujar Agung.

“Mentorship bukan melulu tentang berbagi hal teknis how-to-do, sebab saya percaya tidak ada yang lebih tahu caranya selain pelaku bisnisnya sendiri. Tapi mentor membantu memperluas horizon pemikiran kita, berkat asam garam pengalaman mereka yang sudah lebih jauh dan dalam, sehingga misalnya nanti kita menghadapi masalah, kita punya pendekatan atau solusi yang baru, segar, atau lebih tepat,” ungkap Pangeran.

2. Memperluas jejaring dan kemitraan

Selain memberikan pengetahuan dan dukungan, mentor juga dapat membantu kita memperluas jejaring profesional, karena mentor yang baik biasanya memiliki jejaring yang luas juga. Ini berarti kemungkinan besar kita juga bisa terbantu tersambung dengan kontak yang relevan atau bertemu mitra baru, yang dapat membantu bisnis kita untuk terus bertumbuh.

“Ada istilah ‘No man's island’, kita perlu terkoneksi dengan orang lain. Dan mentor kita yang sudah punya bisnis berjalan dengan jejaringnya, bisa bermanfaat untuk kita jadi terkoneksi dalam berbagai hal, dari mulai pasar hingga pendanaan,” ujar Pangeran.

3. Melatih mental lebih kuat

Lebih dari mendapatkan informasi metode atau strategi bisnis, yang krusial dari mentor adalah mendapatkan pengalaman mereka yang amat mahal harganya, dan seringkali tidak ada di buku atau ruang kelas. “Technicalities could be learned and taught, but mentality could only be shaped through time. Hal-hal teknis bisa kita ketahui dari sesi tutorial atau buku, tapi yang tidak bisa singkat adalah soal mentalitas,” kata Pangeran.

Dari mentor, kita bisa menyadari perjuangan yang kita alami sekarang, akan mempersiapkan kita untuk menjadi pebisnis yang lebih baik di masa depan. “Contoh di era pandemi seperti sekarang, banyak bisnis terguncang. Di sinilah perlu mental yang kuat, yang mana mungkin pernah ditempa masa sulit, sehingga bisa melaluinya. Kebijaksanaan ini hanya bisa diraih dari waktu dan pengalaman, dan ini yang bisa kita pelajari dari mentor,” ujar Pangeran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis mentor
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top