Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tindakan Kritis untuk Membangun Bisnis yang Sukses

Setiap bisnis yang sukses dulunya adalah usaha rintisan yang kecil dan dihadapi berbagai kesulitan. Tidak sedikit yang tumbang, banyak pula yang berhasil melewati tantangan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  15:59 WIB
Ilustrasi pengusaha sukses - istimewa
Ilustrasi pengusaha sukses - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap bisnis yang sukses dulunya adalah usaha rintisan yang kecil dan dihadapi berbagai kesulitan. Tidak sedikit yang tumbang, banyak pula yang berhasil melewati tantangan.

Di dunia, di mana sekitar 66 persen bisnis mengalami kegagalan dalam kurun waktu 10 tahun, ada peluang agar seorang wirausahawan dapat menjadikan bisnisnya sukses untuk jangka panjang.

Tidak ada cara pasti untuk menjamin kesuksesan sebuah bisnis, tetapi dengan prosedur yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa strategi dasar untuk membangun kesuksesan bisnis.

Dilansir melalui Forbes, berikut adalah lima langkah terpenting yang dapat memicu kesuksesan yang solid bagi pemilik bisnis kecil dalam jangka panjang.

1. Buktikan konsep Anda.

Alih-alih menuangkan semua waktu dan uang Anda ke dalam konsep yang belum terbukti, Anda dapat meminimalkan risiko secara signifikan dengan meneliti sebuah ide terlebih dahulu.

Anda perlu memastikan bahwa Anda sedang memecahkan masalah. Alih-alih memikirkan bisnis dalam kaitannya dengan fitur produk, fokuslah pada masalah pelanggan dan bagaimana Anda membantu mereka mengatasinya.

Meskipun riset awal adalah suatu keharusan, ingatlah bahwa bisnis Anda akan berkembang seiring waktu dan perubahan pasar. Jangan takut untuk meninjau kembali penelitian awal Anda dan bersikap fleksibel saat keadaan berubah.

2. Optimalkan keuangan Anda.

Profitabilitas sering kali bergantung pada seberapa baik Anda mengelola keuangan bisnis. Sejak masa-masa awal, setiap startup membutuhkan akuntansi yang kuat.

Anggarkan dana bisnis Anda seperti halnya uang pribadi Anda. Buat anggaran untuk setiap kategori pengeluaran, dan periksa keuangan Anda setidaknya sekali seminggu. Juga disarankan agar bisnis baru menjaga biaya mereka tetap rendah sejak awal.

Jika ragu, pekerjakan seorang akuntan untuk mengelola pembukuan Anda. Ini bisa menjadi uang terbaik yang pernah Anda belanjakan, terutama jika Anda memiliki model bisnis yang rumit.

3. Pastikan tidak ada isu legalitas.

Seberapa kuat Anda dapat mempertahankan ide bisnis Anda? Seberapa besar kemungkinan perusahaan lain dapat mengklaim bahwa mereka memiliki bisnis Anda, produk Anda, atau bahkan nama Anda? Bekerja samalah dengan seorang profesional pajak atau pengacara untuk memastikan bahwa Anda tidak akan menemukan masalah hukum di kemudian hari.

Hal-hal seperti hak cipta atau paten, merek dagang, dan pajak harus diisi dengan benar. Lindungi bisnis Anda dari awal dengan memberlakukan legalitas. Upaya awal ini dapat membantu bisnis Anda menghindari kemungkinan tuntutan hukum beberapa tahun ke depan.

4. Bangun komunikasi dengan orang lain.

Iklan berbayar dapat mengembangkan bisnis Anda tapi dengan biaya yang lumayan tinggi. Jika Anda ingin melihat pertumbuhan organik yang riil dengan anggaran yang sedikit, jalin hubungan komunikasi yang baik dengan orang lain. Anda membutuhkan orang lain untuk mendukung bisnis Anda, baik itu kolega, mentor, karyawan, atau rujukan dari mulut ke mulut.

5. Jangan pernah berhenti belajar.

Menjadi bos tidak membebaskan Anda dari kewajiban pengembangan diri. Memulai bisnis membutuhkan kecerdasan, tetapi itu tidak berarti Anda tahu segalanya.

Menumbuhkan pola pikir yang terus berkembang dapat menghasilkan ide dan produk yang lebih inovatif, serta meningkatkan budaya perusahaan Anda. Pemimpin bisnis yang berhenti belajar berhenti tumbuh, jadi kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menantang dan mendidik Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mentor tips sukses
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top