Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Ide Bisnis untuk Pecinta Fashion

Jika Anda seorang fashionista yang memiliki minat terhadap tren, memulai bisnis fashion-centric Anda sendiri bisa sangat menguntungkan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  17:36 WIB
Ilustrasi fashion pria
Ilustrasi fashion pria

Bisnis.com, JAKARTA -- Memasuki dunia mode tidak berarti Anda harus menjual pakaian atau menjadi seorang desainer.

Jika Anda seorang fashionista yang memiliki minat terhadap tren, memulai bisnis fashion-centric Anda sendiri bisa sangat menguntungkan.

Industri ini menawarkan sejumlah ide bisnis untuk pecinta mode - mulai dari penata gaya pribadi dan konsultan mode hingga tenaga penjualan yang mahir yang mengeluarkan ide-ide desain t-shirt yang menarik.

TRUiC menjabarkan 10 ide bisnis yang dapat mengubah hobi dan kecintaan Anda pada mode menjadi hal yang dapat mendatangkan pendapatan.

Di bawah ini, mereka telah memecah setiap bisnis mulai dari biaya awal, tingkat keterampilan yang diperlukan, dan potensi penghasilan untuk setiap bidang, untuk membantu Anda menentukan dengan lebih baik ide bisnis mode apa yang tepat untuk Anda.

1. Bisnis Produk Berbahan Dasar Kulit

Bagi mereka yang memiliki pengalaman ritel, pengetahuan fesyen, dan kecintaan terhadap produk yang dikerjakan dengan baik, membuka bisnis produk kulit dapat menjadi pengejaran yang menyenangkan dan menguntungkan. Ini juga bisa menjadi bisnis fesyen yang sangat fleksibel dan cocok dengan ritel online. Latar belakang dalam mode atau ritel adalah dapat menguntungkan untuk dimiliki tetapi tidak begitu diperlukan.

Biaya awal akan tergantung pada spesifikasi rencana bisnis Anda. Jika Anda berencana untuk menjual barang jadi dari rumah, modal utama akan mengembangkan inventaris Anda. Bagi mereka yang ingin membuka etalase, biaya akan meningkat secara signifikan dengan kebutuhan menyewa ruang dan menjaga rak agar tetap penuh.

2. Bisnis T-Shirt Online

Untuk pemula yang suka mengikuti tren, bisnis kaos bisa menjadi ide bisnis fashion online yang bagus. Pemilik bisnis harus memiliki keterampilan kreatif dan artistik serta pengetahuan teknis dalam memilih teknik pencetakan atau sablon terbaik. Beberapa pengalaman bisnis sebelumnya bermanfaat, tetapi tidak diperlukan.

Memulai bisnis kaos online dapat dilakukan dengan biaya overhead yang sangat sedikit, terutama dengan begitu banyak layanan print-on-demand berkualitas tinggi di luar sana. Banyak yang memilih untuk tetap beroperasional secara online sepenuhnya, tetapi beberapa bisnis t-shirt paling sukses telah meluas ke pasar ritel juga.

3. Penata Gaya Pribadi

Bisnis penataan gaya pribadi sangat ideal untuk seseorang yang memiliki pengalaman sebelumnya termasuk dalam fashion, perawatan rambut, kosmetik, atau bidang terkait. Meskipun tidak ada pelatihan formal yang diperlukan, jaringan klien potensial yang mapan sangat membantu dalam memulai bisnis jasa ini.

Fashionista yang pernah bekerja di bidang-bidang seperti penyiaran, tata rias, atau hubungan masyarakat lebih unggul. Anda juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan menikmati bekerja sama dengan orang lain secara one-on-one.

4. Bisnis Pakaian Plus Size

Apakah Anda pernah mengalami frustrasi saat menemukan pakaian yang pas atau memiliki hasrat untuk membuat produk fashion dapat diakses oleh semua orang, membuka toko pakaian plus size bisa menjadi usaha bisnis yang hebat. Tidak diperlukan pendidikan formal, tetapi latar belakang dalam mode dan / atau ritel bisa menjadi aset besar.

Untuk menekan biaya, pemilik bisnis harus mencari ruang komersial sewaan rendah atau mempertimbangkan spesialisasi dalam jenis pakaian tertentu untuk meminimalkan persediaan. Bisnis Anda mungkin tetap kecil, tetapi dengan banyak ruang untuk berkembang di pasar, ada potensi besar untuk tumbuh.

5. Bisnis Tas Tangan

Bisnis tas sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai mode dengan berbagai latar belakang. Anda mungkin memiliki mata yang tajam untuk tren berikutnya atau pengalaman ritel dalam penjualan dompet dan tas tangan. Orang lain mungkin ingin merancang tas mereka sendiri untuk dijual. Mereka yang memiliki pengalaman di bidang fashion dan / atau ritel akan lebih unggul dalam bidang ini, tetapi hasrat untuk industri sangat penting.

Biaya awal cukup tinggi. Namun, Anda dapat menekan biaya sejak dini dengan memulai bisnis secara online, tetapi masih perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan inventaris yang solid. Jika Anda memahami target pasar Anda dan menemukan lokasi yang sempurna, bisnis ini berpotensi menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

6. Bisnis Sepatu (merk sendiri)

Memulai bisnis sepatu membutuhkan banyak visi dan bakat dari seorang fashionista yang berdedikasi. Calon pebisnis yang ideal akan memiliki pengalaman dalam desain dan manajemen bisnis, untuk menangani banyak bagian yang bergerak yang terlibat dalam merancang, membuat, dan menjual sepatu.

Menjalankan bisnis sepatu membutuhkan investasi yang cukup besar. Bisnis sepatu yang sukses akan membutuhkan investasi untuk bahan baku dan manufaktur berkualitas tinggi. Biaya akan bervariasi tergantung pada jenis sepatu, ukuran operasi Anda, dan lokasi geografis Anda.

7. Bisnis Toko Sepatu

Bagi pecinta sepatu yang belum siap atau tertarik untuk terjun ke dalam desain, membuka toko sepatu bisa menjadi cara yang bagus untuk masuk ke bisnis ini. Pemilik toko sepatu harus memiliki mata yang bagus untuk fashion dan naluri bisnis yang kuat. Memilih target pasar khusus seperti sepatu atletik atau sepatu pesta dapat menjadi cara yang bagus untuk memfokuskan bisnis Anda.

8. Bisnis Aksesoris Kacamata Hitam

Memulai bisnis kacamata hitam sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk masuk ke bidang desain. Pebisnis yang ideal akan memiliki selera yang bagus untuk desain dan gaya. Meskipun tidak diperlukan pengetahuan khusus, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana ide Anda akan berubah dari konsep ke produk.

Penting juga untuk mengikuti pedoman keselamatan untuk menciptakan produk dengan perlindungan UV. Ini adalah industri yang kompetitif, sehingga menemukan cara untuk menciptakan produk yang unik dan bisnis yang berkesan akan membantu Anda sukses.

9. Toko Aksesoris Kacamata Hitam

Jika Anda tidak tertarik untuk merancang kacamata hitam Anda sendiri tetapi ingin memasuki pasar ini, membuka toko kacamata hitam Anda sendiri adalah pilihan yang bagus. Pengalaman penjualan sebelumnya bisa sangat berguna ketika Anda mulai membangun basis pelanggan Anda.

Anda dapat menurunkan biaya operasional dengan menjalankan bisnis Anda secara online atau memulai dengan kios kecil atau kios sebelum memperluas ke ruang yang lebih besar.

10. Bisnis Menjahit

Jika Anda seorang pencinta fesyen dengan bakat menjahit, membuka bisnis menjahit sendiri bisa menjadi usaha penuh atau paruh waktu yang sangat baik. Meskipun ini paling cocok untuk mereka yang sudah memiliki tingkat keterampilan tinggi, ada sejumlah peluang pendidikan di luar sana untuk para fashionista yang ingin belajar kerajinan ini.

Karena bisnis menjahit dapat dengan mudah dioperasikan dari rumah, biaya awal umumnya cukup rendah. Anda mungkin sudah memiliki banyak peralatan yang diperlukan untuk memulai dan dapat mengintegrasikan biaya bahan Anda ke dalam harga yang Anda kenakan kepada pelanggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top