Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Formula Utama untuk Bisnis Sukses

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, hampir 50% bisnis tidak mencapai lima tahun beroperasi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  18:55 WIB
Ilustrasi bisnis
Ilustrasi bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda sedang berpikir untuk memulai bisnis? Secara teoritis, itu tidak terlalu sulit.

Yang menjadi tantangan sebenarnya adalah membuat bisnis Anda sukses.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, hampir 50% bisnis tidak mencapai lima tahun beroperasi.

Selain itu, diperkirakan 90% startup baru gagal. Tapi kenapa begitu? Internet kini dipenuhi dengan berbagai macam tips dan trik yang menjanjikan untuk membuka jalan menuju kesuksesan, tetapi apakah mereka ada gunanya? Tentu saja, tetapi hanya sampai batas tertentu.

Sementara tips ini melakukan pekerjaan luar biasa yang merinci apa yang perlu diketahui pengusaha, mereka tidak secara gamblang memberikan panduan nyata tentang apa yang sebenarnya membuat bisnis sukses.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang kesuksesan kewirausahaan?

Misti Cain, pendiri Whyzze dan pembawa acara reality show bisnis terbaru Mailchimp, "Werrrk!" percaya pengusaha harus mengabaikan 90% saran yang ditawarkan tentang cara membangun kerajaan bisnis.

Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk fokus pada tiga formula di bawah ini, seperti dikutip melalui Entrepreneur.

1. Tunjukkan PROOFF

PROOFF adalah akronim dari "Positive Real Outcomes Obtained From Figuring (it out)" dengan kata lain, wirausaha harus mampu menunjukkan nilai bisnis yang ditawarkan.

Nilai-nilai yang dianggap penting dari bisnis seperti menghemat waktu dan uang pelanggan atau memberikan mereka ketenangan pikiran.

Intinya adalah, semakin baik Anda mengartikulasikan bagaimana produk atau layanan Anda membawa orang-orang dari titik awal "A" ke keadaan akhir yang diinginkan "B," semakin sukses Anda nantinya.

Cain menemukan bahwa banyak pengusaha menggunakan jargon dengan bahasa yang terlalu dilebih-lebihkan dan justru membingungkan daripada membantu.

Upayakan agar pesan dapat disampaikan dengan singkat dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ini akan lebih menarik perhatian target pasar Anda.

2. Fokus pada kepuasan pasar yang tinggi

Atau yang juga dikenal dengan product-market fit.

Menurut Cain, langkah untuk menciptakan kesuksesan bisnis yang langgeng adalah dengan memastikan apakah bisnis Anda memuaskan permintaan pasar yang kuat. Semakin tinggi jumlah orang yang menginginkan produk Anda, semakin baik.

Namun, ini bukan hanya tentang kuantitas. Semakin kuat keinginan mereka untuk produk yang Anda tawarkan juga merupakan kunci sukses.

Apakah bisnis Anda memiliki daya tarik positif dari mulut ke mulut? Apakah orang ingin membeli? Apakah mereka akan merasa kehilangan jika produk Anda tidak ada atau ditarik dari produksi?

Sudahkah pelanggan Anda mencoba menyelesaikan masalah ini sendiri, tidak berhasil dan apakah produk Anda secara efektif menyelesaikannya untuk mereka? Semakin banyak jawaban ya yang Anda dapatkan, semakin tinggi kemungkinan Anda memiliki kecocokan pasar dan produk.

3. Hidup Dengan Prinsip Zig Ziglar

Penjual dan pembicara motivasi yang terkenal, Zig Ziglar, pernah mengatakan, "Anda dapat memiliki segalanya dalam hidup yang Anda inginkan jika Anda membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan."

Demikian juga, Cain sangat percaya pada model #givefirst.

“Ketika Anda menciptakan bisnis yang didorong oleh nilai-nilai yang kuat, orang-orang dengan senang hati membayar Anda, merujuk bisnis Anda dan mendukung Anda,” katanya. "Mentalitas pay-it-forward membuat langkah satu dan dua itu jauh lebih mudah," tambahnya.

Menurut Cain, membangun bisnis dan membuat keputusan bisnis harus didasarkan pada kepentingan untuk membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.

"Anda mungkin harus membuat penyesuaian kecil atau bahkan besar di sepanjang jalan, tetapi Anda akan membuat kemajuan besar," katanya.

Jelas ketiga formula ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tetapi jika diterapkan dengan benar, buah dari upaya ini mungkin dapat membangun bisnis Anda menuju kesuksesan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top