Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Perempuan Terkaya Dunia Tahun 2020

Saat krisis pandemi virus corona melanda dunia, ada miliader perempuan yang mencatatkan peningkatan aset.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  14:08 WIB
Francoise Bettencourt-Meyers, cucu pendiri L'Oreal SA. - Reuters/Regis Duvignau
Francoise Bettencourt-Meyers, cucu pendiri L'Oreal SA. - Reuters/Regis Duvignau

Bisnis.com, JAKARTA - Kegiatan bisnis dan pasar saham dunia bergerak liar tahun ini karena pandemi Covid-19 dan aliran stimulus besar-besaran dari pemerintah di seluruh dunia.

Beberapa bisnis mendapatkan manfaat dari pandemi seperti e-commerce, farmasi, dan layanan streaming. Sementara itu bisnis hotel, restoran dan maskapai penerbangan sangat terpukul.

Pada saat yang sama beberapa miliarder melihat kekayaan mereka membengkak sementara dompet yang lain menyusut tahun ini.

Menurut majalah Forbes, ada 234 miliarder wanita di dunia, tetapi hanya 68 di antara mereka yang sukses atas usahanya sendiri, bukan dari harta warisan atau peralihan kekuasaan. Berikut adalah daftar 10 wanita terkaya di dunia, yang mengacu pada Bloomberg Billionaires Index (BBI), per 29 Juli 2020.

1. Francoise Bettencourt Meyers, US$67,2 miliar (# 11 BBI)

Francoise Bettencourt Meyers adalah wanita terkaya di dunia dengan kekayaan bersih US$67,2 miliar. Dia adalah chairwoman dari raksasa produk perawatan pribadi asal Prancis, L\'Oréal, sebuah perusahaan yang didirikan oleh kakeknya Eugène Schueller. Francoise mewarisi kekayaan ketika ibunya Liliane Bettencourt meninggal pada 2017 di usia 94 tahun.

2. MacKenzie Scott, US$59,3 miliar (# 13 BBI)

MacKenzie Scott menjadi salah satu wanita terkaya di dunia setelah menyelesaikan perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Bezos, pada Juli 2019. Sebagai bagian dari penyelesaian perceraian, Jeff Bezos mentransfer 25% dari kekayaannya ke MacKenzie. Dia juga seorang novelis dan filantropis pemenang penghargaan.

3. Alice Walton, US$57,6 miliar (# 17 BBI)

Alice Walton adalah satu-satunya putri pendiri Walmart Sam Walton. Dia adalah wanita terkaya ketiga dan orang terkaya ke-16 di planet ini. Meskipun turbulensi pasar saham, kekayaan bersihnya naik US$4,61 miliar tahun ini menjadi US$57,6 miliar. Alice Walton tidak berperan aktif di Walmart.

4. Julia Flesher Koch, US$53,6 miliar (#20 BBI)

Julia Koch dan anak-anaknya mewarisi 42 persen kepemilikan saham di Koch Industries ketika suaminya David Koch meninggal pada Agustus 2019. Koch Industries yang berbasis di Kansas didirikan pada tahun 1940 oleh Fred Koch. Ini adalah salah satu perusahaan swasta terbesar di dunia. Perusahaan ini bergerak di bidang produk konsumen, penyulingan, pupuk, bahan kimia & biofuel, elektronik, dan perdagangan komoditas.

5. Jacqueline Mars, US$40,6 miliar (#23 BBI)

Jacqueline Mars mewarisi sepertiga dari perusahaan pembuat permen terbesar di dunia setelah kematian ayahnya pada tahun 1999. Kakeknya, Frank Mars, adalah pendiri Mars Inc. Jacqueline Mars bertugas di dewan perusahaan hingga 2016. Kekayaan bersihnya turun US$4,37 miliar. tahun sejauh ini, tapi dia tetap di antara 10 wanita terkaya di dunia. Mars Inc yang berbasis di McLean, Virginia, juga memiliki merek makanan hewan, Pedigree.

6. Laurene Powell Jobs, US$27,9 miliar (#33 BBI)

Laurene Powell Jobs pewaris dari pendiri dan mantan CEO Apple Steve Jobs. Saat ini dia memiliki kekayaan bersih US$27,9 miliar. Laurene Powell Jobs menjalankan organisasi sosia, Emerson Collective, yang berfokus pada pendidikan, pelestarian lingkungan, dan kegiatan filantropi lainnya. Sebagian besar kekayaannya dalam bentuk saham Apple dan Disney. Saham Apple tercatat reli hampir 30 persen sepanjang tahun ini.

7. Yang Huiyan, US$26,4 miliar (#40 BBI)

Yang Huiyan, 38 tahun, adalah wanita terkaya ke-7 di dunia. Dia adalah pemegang saham mayoritas dan wakil ketua dari perusahaan real estate raksasa yang terdaftar di Hong Kong, Country Garden Holdings. Ayahnya Yeung Kwok Keung mentransfer 57% saham perusahaan ke Yang Huiyan sebelum IPO pada 2007. Pada satu titik, dia adalah wanita terkaya di China.

8. Gina Rinehart, US$21,6 miliar (# 48 BBI)

Gina Rinehart adalah orang terkaya di Australia. Dia adalah putri dari raja bijih besi Australia, Lang Hancock. Gina juga pemilik Hancock Prospecting, sebuah perusahaan pertambangan swasta. Gina Rinehart telah menjadi chairwoman perusahaan sejak 1982. Menurut Bloomberg, saat ini kekayaan bersihnya bernilai US$21,6 miliar.

9. Abigail (Abby) Johnson, US$21,1 miliar (#52 BBI)

Abigail Johnson adalah miliarder dan CEO Fidelity Investments. Kakeknya mendirikan Fidelity pada tahun 1946. Abigail Johnson memulai karirnya sebagai manajer portofolio di Fidelity, salah satu manajer aset terbesar di dunia. Keluarga Johnson memiliki hampir 50% saham di perusahaan yang berbasis di Boston itu.

10. Zhong Huijuan, US$18,1 miliar (#74 BBI)

Zhong Huijuan adalah satu-satunya miliarder self-made dalam daftar ini. Mantan guru kimia ini mendirikan Hansoh Pharmaceutical Group bersama suaminya. Tahun lalu, perusahaannya mengumpulkan US$1 miliar dari IPO yang dilaksanakan di bursa Hong Kong.

Hansoh memproduksi obat anti-diabetes, psikotropika, onkologi dan lainnya. Kekayaan Zhong Huijuan telah melonjak hampir 50% sepanjang tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang kaya perempuan daftar miliarder Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top