Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Faktor Tolak Ukur Produktifitas Karyawan Saat Remote Working

Saat bekerja remote, sebaiknyatingkat kerja sama dan komunikasi semakin dikembangkan karyawan, untuk membuat pekerjaan semakin cepat selesai.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  22:22 WIB
Ilustrasi - Yellowbrickroad
Ilustrasi - Yellowbrickroad

Bisnis.com, JAKARTA - Produktivitas karyawan selama kerja jarak jauh atau remote working, menjadi catatan krusial yang harus diperhatikan perusahaan.

Menurut career coach dari konsultankarir.com, Andin Andiyasari, setidaknya ada 4 faktor yang bisa menjadi tolak ukur bagi perusahaan menilai kerja karyawan saat remote working.

Faktor utama yakni kinerja karena itu bukti nyata dari suatu usaha. Faktor kedua adalah tanggung jawab dan inisiatif. Yakni sejauh mana karyawan mampu mengambil tanggung jawab lebih yang akan menjadi nilai tambah baginya.

Di samping itu, inisiatif yang menunjukkan bahwa karyawan bekerja dengan berpikir dan bukan sekedar menyelesaikan job description semata ataupun 'autopilot'.  Faktor ketiga yang menjadi penilaian adalah tingkat kerja sama atau kemauan berkolaborasi.

Bekerja remote menurutnya justru membutuhkan kerja sama tim yang lebih erat dan kohesif. Semakin baik tingkat kerja sama dan komunikasi yang dikembangkan karyawan tentu pekerjaan akan semakin cepat selesai.

Keempat yakni dialog. "Semakin remote, semakin tinggi tingkat kesepian karena percakapan dan interaksi sosial atau tatap muka berkurang banyak," imbuhnya.

Dialog antaratasan dan bawahan perlu dibangun, tidak hanya sekedar membahas pekerjaan namun juga kondisi dan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karyawan ASN Work From Home remote working
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top