Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tips Crowdfunding Selama Pandemi

Dalam crowdfunding, investor masih bersedia menanam saham, meskipun risiko pandemi virus corona masih menghantui.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  14:06 WIB
crowdfunding - crowdassist.co
crowdfunding - crowdassist.co

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan ekonomi yang cenderung membuat orang memilih untuk menahan diri dan bisnis yang tutup, Anda mungkin bertanya-tanya apakah kampanye crowdfunding dapat berhasil saat ini.

Apakah orang-orang akan tertarik untuk mendanai gadget atau produk keren Anda selanjutnya?

Dilansir melalui Entrepreneur, Senin (3/8/2020), angka-angka dari laporan platform crowdfunding, Kickstarter, mengungkapkan bahwa para investor masih hadir untuk mendukung proyek favorit mereka.

Kampanye crowdfunding di Indiegogo juga berkembang pesat. Bagi mereka yang takut meluncurkan kampanye crowdfunding, ini adalah waktu yang tepat untuk melanjutkan proyek.

Sementara orang-orang berhati-hati tentang bagaimana mereka menghabiskan uang mereka, sebagian besar melanjutkan kehidupan dan melanjutkan kegiatan yang mungkin telah mereka hentikan - termasuk proyek pendanaan.

Dan karena jumlah kampanye langsung lebih rendah dari biasanya, Anda dapat memanfaatkan kompetisi yang tidak begitu sengit dan memanfaatkan sejumlah ekstensi tenggat waktu dan potongan biaya.

Inilah cara memastikan kampanye crowdfunding Anda berhasil:

1. Fokus pada komunitas.

Komunitas memicu kampanye crowdfunding di Kickstarted dan Indiegogo. Jika Anda memiliki komunitas yang kuat, bangunlah sebuah proyek yang melibatkan lingkungan sekitar Anda.

Libatkan audiens Anda dan temukan cara baru untuk membangkitkan minat mereka dan secara teratur memperbarui bisnis tentang layanan produk.

Konsumen kini memiliki waktu lebih banyak untuk menelusuri dan membeli produk daripada biasanya, sehingga mereka akan mencari sesuatu yang beresonansi dengan kebutuhan mereka. Tari perhatian dengan pesan yang tepat dan diskon produk.

2. Tingkatkan strategi promosi

Ketika orang membuat keputusan terkait uangnya, tugas Anda adalah untuk menjadi lebih meyakinkan di bidang Anda. Berikan investor alasan kuat untuk mendanai proyek Anda. Investasikan anggaran untuk iklan di Facebook, lakukan pengujian A / B yang agresif untuk memperbaiki pesan dan visual Anda.

Anggarkan dana dengan cerdas untuk iklan sdi Ketika orang membuat keputusan uang yang lebih disengaja, pekerjaan Anda adalah untuk menjadi lebih meyakinkan di bidang Anda. Berikan pendukung alasan kuat untuk mendanai proyek Anda. Investasikan dalam iklan Facebook, lakukan pengujian A / B yang agresif untuk memperbaiki pesan dan visual Anda. Belanjakan dengan cerdas untuk iklan di media sosial, tidak lebih.

3. Tingkatkan upaya penjangkauan Anda.

Mulai atau tingkatkan seberapa sering Anda mengirimkan siaran pers, menjangkau pemasaran influencer, dan unggah tulisan di website atau blog lain tentang produk Anda (guest post), atau beberapa strategi penjangkauan lainnya.

Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu online, memindai konten. tumbuhkan permintaan dengan mengirimkan dua guest post sepekan bukan satu. Tambahkan konten di media sosial Anda, libatkan dengan audiens Anda dan tunjukkan dampak produk Anda.

4. Rencanakan peluncuran ulang jika Anda memiliki masalah rantai pasokan.

Jika produk Anda bergantung pada pasokan dari suatu daerah yang terdampak penurunan produksi dan Anda memiliki pilihan terbatas untuk menyelesaikannya, sampaikan hal itu kepada komunitas Anda. Kemungkinan besar, mereka akan terus mendukung Anda meskipun ada penundaan pengiriman.

Jika tidak berhasil dan dukungan berkurang, rencanakan produk untuk diluncurkan ulang. Peluncuran ulang dalam beberapa bulan ke depan mungkin terbukti lebih efektif daripada menghentikan kampanye yang tidak dapat diluncurkan tepat waktu karena masalah rantai pasokan.

5. Komunikasi

Terlepas dari perjalanan crowdfunding Anda dan status saat ini, komunikasi adalah kunci untuk menjalankan kampanye yang sukses. Bicaralah dengan pemasok dan pengirim Anda. Selalu informasikan komunitas Anda, komunikasikan kemunduran atau masalah yang Anda alami. Diam saat Anda menghadapi tantangan tidak akan membantu Anda mencapai tujuan penggalangan dana Anda.

Apa pun situasi Anda, libatkan investor untuk mengetahui kebenaran di lapangan. Mereka mungkin akan mengerti dan mungkin mencoba untuk membantu. Teruslah berusaha untuk hasil terbaik. Begitulah cara untuk berhasil hari ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Crowdfunding pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top