Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CEO Apple Tim Cook kini Berstatus Miliarder

Kekayaan bersihnya yang melampaui US$1 miliar mencerminkan kombinasi uang yang dia peroleh dari Apple melalui gajinya, saham yang dia pegang di perusahaan, serta perkiraan hasil dari penjualan sahamnya, menurut Bloomberg.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  13:29 WIB
CEO Apple Tim Cook - apple.com
CEO Apple Tim Cook - apple.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Menurut analisis Bloomberg, CEO Apple Tim Cook kini telah mencapai status miliarder.

Kekayaan bersihnya yang melampaui US$1 miliar mencerminkan kombinasi uang yang dia peroleh dari Apple melalui gajinya, saham yang dia pegang di perusahaan, serta perkiraan hasil dari penjualan sahamnya, menurut Bloomberg.

Cook mengambil alih posisi tertinggi di Apple pada Agustus 2011, dari pendiri Steve Jobs.

"Dia adalah orang terpercaya yang sudah lama bekerja dengan Jobs. Dia masuk ke perusahaan pada 1998 sebagai SVP Operasi untuk bisnis Apple di seluruh dunia, membuat kesepakatan penting dengan produsen untuk membantu Apple menjadi produsen perangkat keras terkuat di dunia," seperti dikutip melalui Entrepreneur, Rabu(12/8).

Sebagai eksekutif yang relatif tidak dikenal, pengamat industri mempertanyakan apakah dia bisa mengisi posisi Jobs, tetapi Apple justru telah mendekati kapitalisasi pasar hampir US$2 triliun di bawah kepemimpinannya.

Cook saat ini memegang 847.969 saham Apple, yang pada harga saham sekarang bernilai lebih dari US$380 juta.

Pada tahun 2019, paket kompensasi Cook termasuk gaji pokok US$3 juta dan pembayaran insentif sekitar US$7,6 juta, menjadikannya salah satu CEO dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat.

Pengajuan SEC dari Januari menunjukkan bahwa dia menjual 6.880 saham Apple pada akhir Desember, yang akan menghasilkan keuntungan sekitar US$2 juta.

Sebagai seorang eksekutif Apple yang pamornya terus meningkat, Cook tidak sekaya CEO teknologi besar terkenal lainnya.

Tiga orang terkaya di dunia semuanya adalah pendiri teknologi: bos Amazon Jeff Bezos, dengan kekayaan bersih US$186 miliar; pendiri Microsoft Bill Gates dengan US$121 miliar; dan pendiri-CEO Facebook Mark Zuckerberg, yang memiliki kekayaan bersih hanya sekitar US$100 miliar.

Eksekutif terkenal lainnya yang menjadi CEO dari perusahaan teknologi besar adalah CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Google Sundar Pichai, keduanya tidak muncul di indeks miliarder Bloomberg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daftar miliarder tim cook
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top