Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Keberagaman Gender Bisa Dongkrak Produktivitas dan Laba Perusahaan

Keberagaman dan kesetaraan gender telah terbukti efektif untuk meningkatkan kesempatan di dalam bisnis.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  19:22 WIB
Ilustrasi - Cambridgeinternational
Ilustrasi - Cambridgeinternational

Bisnis.com, JAKARTA - Keberagaman gender di tempat kerja ternyata ikut membantu perusahaan-perusahaan Indonesia meningkatkan hasil usaha mereka melalui peningkatan laba dan produktivitas.  

Fakta tersebut terungkap dari hasil penelitian, bertajuk “Melangkah Menuju Keberhasilan: Keberhasilan Bisnis untuk Perempuan dalam Bisnis dan Manajemen di Indonesia” yang menyebut bahwa 77 persen dari 400 perusahaan Indonesia melaporkan hasil bisnis yang lebih baik setelah meningkatkan keberagaman gender.

Sebanyak 66 persen melaporkan peningkatan laba dan produktivitas serta kreativitas inovasi dan keterbukaan yang lebih besar, 61 persen peningkatan kemampuan untuk menarik dan mempertahankan bakat, 53 persen peningkatan reputasi perusahaan dan 46 persen kemampuan yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan dan keperluan pelanggan.

Laporan penelitian ini dikembangkan melalui upaya bersama antara Organisasi Perburuhan Dunia (International Labour Organization/ILO), Investing Women, Koalisi Bisnis untuk Pemberdayaan Perempuan Indonesia (IBCWE) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), didanai oleh pemerintah Australia, J.P. Morgan dan Biro Kegiatan Pengusaha ILO. Survei ini juga dikembangkan berdasarkan Survei Global ILO pada 2019, yang menjangkau 13.000 perusahaan di 70 negara, termasuk 400 perusahaan Indonesia.

Guna memahami manfaat dan peluang yang datang dari keberagaman gender di tempat kerja, kajian ini akan diluncurkan bersama pada 19 Agustus 2020 saat diskusi interaktif bertajuk “Indonesian Women in Business and Management: The Business Case for Workplace Gender Equality.”

“Acara ini menyoroti praktik-praktik baik dan peluang untuk meningkatkan keberagaman gender di tempat kerja. Acara ini pun berupaya memberdayakan penggiat-penggiat di sektor masyarakat dan privat untuk mempromosikan keberhasilan bisnis terkait keberagaman gender demi perubahan dalam hal kebijakan dan praktik,” demikian pernyataan ILO melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Selasa (18/8/2020).

Acara ini diresmikan oleh Haiyani Rumondang, Direktur Jenderal untuk Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Kementerian Ketenagakerjaan, bersama dengan perwakilan dari Kedutaan Australia, J.P. Morgan Chase Foundation, ILO dan IBCWE.

Dipandu oleh Ninuk Pambudi, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas, diskusi interaktif ini menghadirkan Shinta W. Kamdani, pendiri IBCWE dan wakil ketua APINDO, Nurhayati Subakat, pemilik PT. Paragon Technological and Innovation (Wardah Cosmetic) dan Ernest Hutagalung, CFO Telkomtelstra.

Mereka semua akan membahas dan mengkaji temuan-temuan utama dari kajian Indonesia ini yang mengungkapkan pengakuan bahwa “perempuan Indonesia melampaui laki-laki dalam hal pencapaian pendidikan dan memperluas keterampilan mereka dalam bidang disiplin STEM.

“Mereka pun lebih terampil dan terlibat dalam angkatan kerja. Namun, kemajuan karier perempuan masih terpengaruhi oleh perilaku dan bias gender yang berdampak pada rekrutmen dan promosi, penugasan kerja, pelatihan dan mobilitas,” tulis ILO.

Acara ini juga diselenggarakan sejalan dengan konteks saat ini, di mana semakin jelas bahwa, saat ini semakin banyak perusahaan yang telah mengkaji strategi dan prioritas bisnis mereka agar dapat menanggapi berbagai tantangan.

Mempromosikan keberagaman gender telah terbukti efektif dan menghadirkan kesempatan bagi bisnis untuk menjadikan keberagaman gender sebagai bagian dari strategi pokok mereka: demi peningkatan produktivitas dan laba, mempertahankan pekerja, kreativitas yang lebih besar, inovasi dan keterbukaan.

Kemudian memberdayakan perempuan dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri-industri yang sedang berkembang akan mengarahkan mereka kepada keberhasilan, baik dalam bisnis maupun manajemen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ilo gender Virus Corona Tips Kerja
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top