Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

30 Persen Pengusaha Siap Ambil Lebih Banyak Risiko Saat Pandemi

Selama masa pandemi, pengusaha melakukan aktivitas sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  19:47 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Hampir sepertiga atau sekitar 30 persen dari pengusaha saat ini bersedia mengambil lebih banyak risiko dalam bisnis mereka. Sementara 44  persen tidak berniat untuk kembali ke pekerjaan konvensional “9 to 5”.

Data berikut dikutip dari temuan data yang baru dirilis oleh Printify, sebuah perusahaan pengiriman drop print on demand.

Printify mensurvei lebih dari 5.000 anggota mereka yang berbasis global. Penelitian tersebut dilakukan untuk menentukan bagaimana pandemi memengaruhi gerak wirausahawan yang akan datang di seluruh dunia.

Seperti dilansir melalui Small Biz Trends, hasilnya sangat positif. Meskipun ada penurunan ekonomi setelah Covid-19, banyak pengguna Printify tetap optimis tentang ekonomi. Sekitar 24 persen dari mereka yang disurvei percaya bahwa ekonomi di AS membaik.

Hampir 40 persen pelanggan Printify mengatakan pandemi telah membuat mereka mengevaluasi kembali pilihan hidup. 30 persen mengatakan mereka bersedia mengambil lebih banyak risiko dibandingkan dengan sebelum Covid-19.

James Berdigans, pendiri dan CEO Printify, mencatat pentingnya melacak aktivitas bisnis kecil.

“Meskipun aktivitas bisnis kecil adalah barometer terbaik untuk kesehatan ekonomi mana pun, bisnis kecil selalu sulit untuk dilacak, itulah sebabnya kami pikir kami harus mensurvei basis pelanggan kami sendiri untuk memahami apa yang mereka lihat," kata James, seperti dikutip Senin (24/8/2020).

Beberapa wirausahawan lebih suka mempertahankan pekerjaan harian dan menjalankan bisnis sampingan, praktik yang dikenal sebagai "side hustle".

Sementara seperempat koresponden mengatakan mereka memanfaatkan pekerjaan sampingan sebagai sumber pendapatan utama mereka.

Survei tersebut juga mengungkapkan 45 persen pengguna Printify telah mengalami peningkatan permintaan produk sejak pandemi Covid-19.

Survei Printify menunjukkan ada optimisme di antara komunitas bisnis kecil. Mereka juga menyoroti meningkatnya popularitas berjualan online.

Sebanyak 60 persen pelanggan Printify mengatakan persaingan terpantau meningkat baru-baru ini, karena semakin banyak pedagang yang menjual produknya secara online.

Selama masa-masa yang tidak pasti ini, melakukan aktivitas sampingan adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, melalui kerja sampingan, wirausahawan dapat menikmati kebebasan menjadi bos bagi diri sendiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha pengusaha online Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top