Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih dari 50 Persen Perempuan Memulai Bisnis di Masa Pandemi

Pandemi virus corona (Covid-19) telah mendorong perempuan untuk membangun bisnis dari dalam rumah.
Pandemi menjadi momentum bagi perempuan untuk memulai bisnis.Ilustrasi/Sheknows
Pandemi menjadi momentum bagi perempuan untuk memulai bisnis.Ilustrasi/Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi virus corona Covid-19 ternyata telah menginspirasi para wanita di Inggris untuk memulai bisnis dari rumah.

Berdasarkan penelitian terbaru dari LifeSkills, yang diselenggarakan oleh Barclays, terlihat adanya peningkatan antusiasme bagi pengusaha wanita di Inggris. Sebanyak 51 persen wanita yang disurvei mengatakan bahwa pandemi mendorong mereka untuk memulai bisnis sendiri.

Selain itu, 74 persen dari mereka yang berusia antara 16-34 tahun mengatakan bahwa pandemi telah membuat mereka lebih mungkin untuk memulai bisnis. Generasi muda tampaknya memiliki jiwa kewirausahaan yang lebih besar dan berpotensi menghindari risiko.

Survei tersebut juga menyoroti kesenjangan pengetahuan, meskipun 53 persen memiliki ide yang ingin diluncurkan tetapi hanya 14 persen yang menyusun dalam bentuk rencana bisnis.

Terinspirasi dari penelitian tersebut, Barclays berjanji untuk mendukung para wanita dalam bisnis dan kewirausahaan melalui skema baru dan program LifeSkills sehingga para wanita tersebut dapat segera memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Saat ini hanya ada satu dari tiga pemilik bisnis wanita di Inggris. Barclays dan LifeSkills bertujuan untuk mengubah ini dan mengubah wajah kewirausahaan wanita. Sebagai bagian dari tujuan yang lebih luas, mereka ingin mengatasi kesenjangan gender.

Kesenjangan dalam kewirausahaan ini setara dengan 1,1 juta bisnis yang hilang dan defisit nilai ekonomi sebesar 250 miliar pound sterling.

Program LifeSkills ini mendukung generasi pemilik bisnis berikutnya untuk menjadi pengusaha sukses. LifeSkills akan bekerja dengan keterampilan menengah dan sekolah khusus perempuan di seluruh Inggris untuk berbagi materi tentang memulai bisnis.

Selanjutnya, LifeSkills akan fokus pada keterampilan praktis dalam meluncurkan bisnis, mencakup dalam hal pengembangan ide bisnis dan mengubah rencana menjadi kenyataan. Selain itu, mereka juga akan diajarkan mengenai keterampilan utama yang dapat ditransfer seperti kepemimpinan, komunikasi, ketahanan, dan pemecahan masalah.

Ketua Dewan Penasihat LifeSkills, Baroness Karren Brady CBE, mengatakan begitu banyak potensi bisnis yang dipimpin wanita yang belum tergali di ekonomi Inggris, tidak pernah lebih penting untuk menginspirasi dan membina generasi berikutnya dari pengusaha wanita yang sukses.

Selama tiga tahun, Barclay's akan membantu pemilik bisnis wanita mengatasi pandemi dan resesi yang diakibatkannya. Mereka akan menyampaikan program mentoring dan dukungan melalui jaringan Bank Eagle Labs and Rise.

“Bulan depan, kami akan mengumumkan materi dukungan lebih lanjut dan akses ke keuangan bagi pemilik bisnis wanita,” ujarnya, seperti dikutip dari techround.co.uk, Rabu (26/8/2020).

Kepala Perbankan Bisnis Barclays, Hannah Bernard, mengatakan bahwa memberikan dorongan kepada pemilik bisnis wanita dan calon wirausahaa menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi Inggris.

“Industri harus bersatu memberikan dorongan kepada pemilik bisnis wanita dan calon wirausahawan, terutama karena kami melihat dampak pandemi virus korona terus terjadi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper