Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Membuat Konten Saat Bekerja dari Rumah

Karena pandemi sepertinya akan mengubah sistem kerja di masa mendatang, pemasar media sosial perlu menyesuaikan strategi pembuatan konten mereka agar sesuai dengan keterbatasan jarak.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 Agustus 2020  |  11:30 WIB
Ilustrasi content
Ilustrasi content

Bisnis.com, JAKARTA -- Di dunia di mana konten memainkan peran besar dalam sebagian besar kehidupan masyarakat, tim pemasaran media sosial dan pemilik bisnis harus memastikan mereka selalu membuat konten yang menonjol.

Namun, karena pandemi global telah memaksa sebagian besar tenaga kerja untuk bekerja dari jarak jauh, membuat konten yang menginspirasi pengguna menjadi lebih menantang.

Karena pandemi sepertinya akan mengubah sistem kerja di masa mendatang, pemasar media sosial perlu menyesuaikan strategi pembuatan konten mereka agar sesuai dengan keterbatasan jarak.

"Pada awalnya, membuat konten dari rumah mungkin tampak seperti tugas yang berat, tetapi yang dibutuhkan hanyalah kemauan untuk mencoba jenis konten baru dan alat yang tepat untuk mewujudkannya," seperti dikutip melalui Entrepreneur, Jumat (28 / 8).

Pembuatan konten jarak jauh di dunia pasca-COVID tidak harus terhambat batas, justru ini adalah kesempatan untuk bereksperimen dengan perspektif dan konten baru yang selaras dengan kondisi saat ini.

Brand harus fleksibel dengan kontennya dan memperhatikan minat konsumen.

Jika Anda bertanya-tanya dari mana harus memulai, coba teknik ini untuk membuat konten berkualitas tinggi dari jarak jauh, langsung dari sofa ruang tamu Anda.

1. Atur strategi Anda

Membuat konten dari jarak jauh berarti Anda perlu mengembangkan strategi konten yang lebih baik agar lebih selaras dengan keadaan saat ini.

Hal ini dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan mempertanyakan bagaimana brand atau produk Anda menangani masalah hari ini. Gunakan pendekatan empati saat memikirkan kembali tujuan brand Anda dan bagaimana hal itu mendukung kebutuhan konsumen.

Membingkai ulang tujuan ini akan membantu Anda mengembangkan strategi konten yang lebih baik yang dibangun untuk dunia pasca-COVID.

2. Bereksperimen dengan jenis konten baru

Jika ada satu keuntungan dari melakukan kerja remote, Anda memiliki kesempatan untuk bereksperimen dengan jenis konten baru yang mungkin biasanya tidak Anda coba di kantor.

Karena konsumen sekarang menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial, tantangan membuat konten yang menarik bisa menjadi lebih sulit karena persaingan yang ketat dari brand lain, dan intimidasi dari anggaran konten yang besar.

Cara terbaik untuk mengetahui reaksi audiens Anda adalah dengan menguji format baru; misalnya, cobalah bertukar pikiran tentang ide video pendek atau format gambar gif yang sesuai dengan brand Anda, daripada memposting foto terus menerus.

3. Gunakan alat yang tepat

Untuk membuat konten yang baik, setiap pemasar membutuhkan alat yang tepat agar berhasil — terutama saat bekerja dari jarak jauh.

Organisasi harus menjadi prioritas nomor satu, jika tidak, kualitas konten Anda akan terganggu saat Anda berebut untuk mengejar ketinggalan.

Menggunakan alat pengelolaan media sosial adalah cara yang bagus untuk menyimpan konten Anda di satu tempat — baik itu organik atau UGC, mengatur konten ke dalam kalender digital akan membantu Anda memvisualisasikan umpan dan memastikan Anda tetap dengan strategi Anda.

4. Gunakan konten lama

Meskipun berlawanan dengan kepercayaan populer, konten lama dapat diubah fungsinya dan tetap terasa segar. Saat bekerja dari jarak jauh, membuat konten baru dan menarik bisa terasa lebih menantang daripada biasanya, tetapi sebenarnya ini adalah kesempatan bagus untuk berlatih menyusun ulang konten bekas yang Anda tahu berkinerja baik.

Berikan cerita baru dengan mempertimbangkan sudut pandang atau pendekatan lain, pikirkan bagaimana Anda akan mendukung ceritanya, dan apa yang dapat diambil oleh penonton dari postingan tersebut. Jenis pemikiran seperti ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan bercerita lebih lanjut dan menghemat waktu Anda untuk membuat konten baru sendiri. (win-win solution)

5. Minta bantuan

Jika Anda sudah menjadi pemasar yang sibuk atau pemilik bisnis yang berusaha menjalankan bisnis setiap hari, Anda mungkin tidak punya waktu untuk membuat konten, apalagi saat bekerja dari jarak jauh dari dalam rumah.

Untungnya, ada ribuan pakar konten yang tahu persis cara membuat konten saat dalam perjalanan dan mempersonalisasikannya untuk bisnis Anda. Anda dapat mencoba mempekerjakan sendiri atau menghubungi bisnis yang mempekerjakan dan memeriksa bakat mereka untuk Anda.

Membuat konten dari jarak jauh di dunia pasca-COVID mungkin terdengar seperti tantangan yang luar biasa, tetapi ini juga merupakan peluang yang luar biasa untuk memperbarui strategi Anda dan terhubung dengan audiens Anda lebih baik daripada sebelumnya.

Gunakan intuisi Anda untuk menemukan cara baru untuk berinteraksi dengan pengguna dan mendefinisikan kembali merek Anda sebagai komunitas yang menarik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brand tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top