Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak 2 Strategi Bantu Pengusaha Atasi Stres Masalah Keuangan

Pengusaha sukses membuat rencana strategis. Bagian dari perencanaan itu termasuk menyisihkan uang untuk keadaan darurat.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  14:43 WIB
Ilustrasi Strategi bisnis - bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika membahas tentang banyaknya komponen yang diperlukan untuk membangun bisnis, pikiran Anda mulai berpacu.

Ada elemen struktural, seperti jenis bisnis, produk dan layanan, pemasaran, pemenuhan klien, dan lainnya. Sebagai seorang pengusaha, fokus Anda mungkin cenderung pada apa yang paling Anda butuhkan saat ini.

Sementara kebutuhan here-and-now juga penting, pengusaha sukses harus berpikir secara strategis.

Mereka fokus pada langkah jangka panjang yang dapat mereka lakukan, karena mereka memahami bahwa itulah cara paling ampuh untuk meningkatkan skala bisnis. Menurut sebuah artikel Entrepreneur, keuangan tidak harus selalu menjadi sumber stres dalam perjalanan wirausaha Anda.

1. Perbaiki hubungan Anda dengan uang.

Sebagian besar dari kita memulai kehidupan sebagai orang dewasa mencoba berbagai cara untuk mendapatkan uang dan kekayaan. Tahun-tahun awal kedewasaan cenderung meninggalkan bekas, dan kita seringkali membawanya ke dalam gaya kewirausahaan.

Keuangan tidak harus selalu menjadi sumber stres jika Anda memahami tujuannya. Anda tidak perlu berkompromi dengan apa yang Anda tawarkan untuk konsumen yang bukan klien ideal Anda.

Mengerjakan dan menciptakan hubungan yang lebih sehat dengan uang akan mengurangi stres, mengalahkan rasa takut, dan memungkinkan pikiran Anda untuk fokus pada apa yang akan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

- Didik diri Anda sendiri tentang keuangan melalui buku, kursus, video, dan bentuk konten lain yang tersedia.

- Pekerjakan profesional yang dapat membantu Anda mengatur keuangan Anda sekarang dan merencanakan masa depan.

2. Lakukan perencanaan jangka panjang.

Pengusaha sukses membuat rencana strategis. Bagian dari perencanaan itu termasuk menyisihkan uang untuk keadaan darurat, dan menggunakan dana untuk membangun jenis kekayaan yang memungkinkan seorang wirausahawan pensiun dengan nyaman. Ini termasuk investasi, aset, tabungan, dan strategi manajemen keuangan lainnya.

Anda tidak harus menjalani hidup dengan perasaan stres, khawatir atau tidak yakin dengan keuangan dan dampaknya terhadap bisnis Anda. Anda dapat menciptakan kekayaan yang memberi Anda kebebasan untuk bekerja, baik Anda mau atau sekarang.

Ini dimulai dengan mengakui keyakinan Anda saat ini tentang uang dan melakukan pekerjaan untuk membuat perubahan yang diperlukan. Kita hidup di era informasi, yang berarti banyak sumber daya solid yang dapat memberikan kejelasan, membantu Anda merencanakan, dan mengalahkan ketakutan apa pun.

Rencanakan semua kemungkinan dan kendalikan masa depan keuangan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur tips bisnis dana darurat perencana keuangan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top