Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Menggali Ide Bisnis

Untuk menjadi pebisnis yag sukses, maka setiap pengusaha perlu menggali ide dan menciptakan inovasi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 10 September 2020  |  12:36 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Begitu banyak orang yang ambisius, termotivasi diri, dan cerdas memiliki keinginan untuk memulai sesuatu yang baru tetapi mereka yakin bahwa untuk menjadi sukses, mereka membutuhkan ide yang besar dan mengesankan.

Tak terhitung banyaknya individu yang tertarik untuk memulai bisnis utama atau bisnis sampingan mereka sendiri, dan ada satu pertanyaan besar yang terus muncul.

“Bagaimana cara menemukan ide yang tepat?”

Melalui percakapan dengan calon wirausahawan teridentifikasi ada tiga kelompok orang yang mencoba mencari cara untuk menemukan ide yang tepat, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Kamis (10/9/2020).

Apakah ada yang mirip seperti Anda?

1. The Shaky Dreamer

Shaky dreamer merasa mereka tidak punya ide, tapi sebenarnya mereka punya. Dan biasanya, itu ide yang sangat bagus. Namun mereka hanya tidak memiliki cukup keyakinan atau kepercayaan diri bahwa idenya cukup baik untuk menjadi ide yang harus mereka kejar.

Mereka sering mencari konfirmasi eksternal atau dorongan sebelum melanjutkan dan tidak yakin bagaimana menilai apakah suatu ide cukup baik untuk dikejar atau tidak. Sayangnya, mereka juga ragu apakah mereka cukup mampu dalam kemampuannya untuk mengejar ide mereka atau tidak.

Jika Anda seorang shaky dreamer, inilah saatnya untuk mulai bergerak maju. Anda bisa melanjutkan ide Anda jika sebagian besar hal berikut cocok dengan Anda:

- Ide ini memungkinkan Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai

- Ide ini menempatkan salah satu kekuatan super, bakat, atau kekuatan Anda untuk bekerja

- Ada permintaan pasar untuk itu

- Ide ini memecahkan masalah

- Ide ini memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan

- Jika Anda telah melakukan penelitian dan Anda tahu sebagian besar dari hal-hal ini sesuai untuk ide Anda, Anda harus menyingkirkan ketakutan Anda dan mulai bergerak.

2. The Idea Machine

Para calon wirausahawan dengan segudang ide terkadang dihadapi dengan tantangan untuk mempersempit minat mereka dan berkomitmen pada satu ide untuk kemudian mewujudkannya.

Jika Anda adalah seseorang yang dengan mesin ide, sekarang saatnya untuk menentukan satu ide dan benar-benar mengejarnya. Bukan berarti ide lainnya tidak akan pernah terwujud, Anda hanya perlu memilih ide mana yang akan menjadi ide pertama yang akan Anda kerjakan.

Pada saat yang sama, menentukan ide terbaik memang sulit, kita tidak bisa yakin 100%. Temukan ide yang paling Anda minati dan mungkin selalu Anda pikirkan. Satu-satunya jalan untuk mengetahui apakah ide ini akan sukses adalah dengan menjalaninya.

3. The Hopeful Founder

Perintis bisnis dengan memiliki harapan dan tahu mereka ingin memulai sesuatu, tetapi mereka tidak tahu harus berbuat apa. Mereka belum menemukan jenis bisnis yang paling cocok dengan bakat, minat, dan keterampilan mereka.

Untuk mendapatkan ide yang tepat, Anda harus melakukan refleksi diri yang serius tentang siapa Anda, apa yang Anda sukai, dan apa yang membuat Anda mengagumkan. Lalu, lakukan riset!

Berikut beberapa cara untuk mulai menghasilkan beberapa ide sebelum mempersempitnya menjadi satu ide utama:

- Tanya sekitar. Apakah Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang memulai bisnis? Tanyakan kepada mereka bagaimana ide mereka pertama kali muncul.

- Brainstorming. Keluarkan pena dan kertas dan biarkan ide-ide Anda mengalir, tanpa menghakimi.

- Identifikasi kekuatan dan minat Anda. Salah satu cara terbaik untuk menemukan jodoh adalah dengan berfokus pada meningkatkan pengalaman, kekuatan, dan minat Anda. Sebutkan 5 hal yang Anda kuasai dan sukai. Jika Anda membutuhkan bantuan, hubungi orang-orang terdekat Anda dan tanyakan kepada mereka apa pendapat mereka tentang kekuatan Anda… apa yang mereka hargai dari Anda?

- Memecahkan masalah. Banyak produk dan layanan hebat muncul dari seseorang yang memiliki masalah dan ingin menyelesaikannya sendiri atau orang lain. Saat Anda memecahkan masalah nyata yang dihadapi orang, Anda tahu akan ada permintaan untuk produk / layanan Anda.

- Ikuti trik sukses, jangan berinovasi. Banyak pendiri yang berharap cenderung berpikir bahwa sebuah ide haruslah 100 persen jenius asli yang tidak pernah terpikirkan oleh siapa pun agar layak dikejar. Tentu saja, itu tidak benar. Saran saya adalah ikuti trik yang sudah terbukti, jangan berinovasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top