Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 Sifat Pantang Menyerah Michael Jordan yang Bisa Ditiru Pengusaha

Tingkatkanlah kemampuan Anda, bukan hanya sekadar lewat kata-kata, selama pandemi virus corona (Covid-19).
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 11 September 2020  |  19:46 WIB
Michael Jordan. - NBA
Michael Jordan. - NBA

Bisnis.com, JAKARTA -- Tim S. Grover yang dikenal dengan perannya sebagai pelatih kepribadian para atlet elit, menulis sebuah buku berjudul "Relentless", yang bercerita tentang karirnya dan bagaimana dia menjadikan Michael Jordan, Kobe Bryant, Dwayne Wade, dan lainnya, dari baik menjadi hebat hingga tak terhentikan.

Dalam buku tersebut, Grover menjelaskan strategi latihan fisik maupun mental, yang dia terapkan pada Michael Jordan selama 15 tahun mereka bekerja sama.

"Relentless" adalah gambaran yang tepat tentang pola pikir seorang Michael Jordan.

Kilasan tentang kehebatan ini memberi wirausahawan, yang berfokus pada kesuksesan, gambaran yang jelas tentang bagaimana pola pikir dapat membantu untuk mencapai tujuan kita dan melakukan pekerjaan yang membantu kita menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri dalam kehidupan dan bisnis.

Berikut empat cara menciptakan mindset pantang menyerah, seperti Michael Jordan, yang dapat membantu Anda dalam membangun bisnis, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Jumat (11/9).

1. Investasikan waktu dan sumber daya untuk meningkatkan kesadaran diri.

Michael Jordan mungkin bukan yang terbaik. Tetap saja, dia menginvestasikan dirinya melalui latihan yang konsisten, kemauan untuk selalu belajar, dan pola pikir yang mendorongnya untuk menjadi lebih baik.

Mengenal diri sendiri adalah bagian penting dari formula kesuksesan. Jika Anda tidak mengerti apa yang membuat Anda tergerak, Anda tidak akan tahu apakah harus terus maju atau beristirahat. Anda akan mendengarkan keyakinan Anda yang membatasi, berpikir bahwa itu adalah kebenaran, karena Anda tidak tahu kapan harus mengkritik diri sendiri.

Tanpa kesadaran diri yang kuat, Anda tidak akan tahu jalan mana yang harus diambil dalam setiap tujuan Anda. Anda tidak akan tahu risiko apa yang harus dihindari dan apa yang membantu Anda mengatasi saat-saat menantang.

Investasikan waktu untuk mempelajari lebih banyak tentang diri Anda dan mendapatkan apresiasi yang lebih besar untuk individualitas Anda.

2. Berkomitmen untuk menjaga konsistensi.

Dengan menerapkan pola pikir pantang menyerah, artinya menjadi konsisten adalah satu-satunya pilihan yang akan Anda berikan pada diri Anda sendiri - apa pun yang terjadi dalam hidup Anda.

Anda bangun pagi (atau punya waktu sepanjang hari) untuk berolahraga. Anda membuat pilihan nutrisi sehat yang memberi Anda energi yang Anda perlukan untuk bekerja lebih keras. Anda merencanakan hari, minggu, dan bulan Anda berdasarkan tujuan Anda. Anda menjauh dari hal-hal yang Anda tahu akan menyabotase kemajuan Anda.

Konsistensi harus berjangka panjang. Ini tidak bisa menjadi sesuatu yang Anda lakukan saat Anda merasa nyaman, dan semuanya berjalan sesuai rencana.

3. Perlakukan diri Anda dengan baik.

Anda mungkin banyak membaca konten tentang perawatan diri, tetapi mengonsumsi konten dan menerapkannya adalah dua hal yang sangat berbeda. Merawat diri sendiri memberi Anda kekuatan mental untuk menciptakan pola pikir pantang menyerah.

Anda harus memperlakukan hubungan Anda dengan diri sendiri seperti Anda berada dalam fase bulan madu pada sebuah hubungan baru - saat itulah Anda berada pada perilaku terbaik dan menikmati setiap pengalaman.

Jangan pernah berhenti melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa nyaman tentang diri Anda, apa yang dapat Anda capai, dan apa yang mungkin dalam bisnis Anda. Pola pikir pantang menyerah ini berasal dari tempat tanpa henti mengutamakan diri sendiri dan kemudian berkembang untuk membantu orang lain.

4. Tingkatkan kemampuan Anda, bukan sekadar lewat kata-kata.

Michael Jordan memilih untuk meningkatkan kemampuan dan posisi setiap ada kesempatan. Hari ini, dia adalah pemilik utama tim NBA Charlotte Hornets. Jordan juga orang yang berkomitmen tinggi dengan terus melakukan pekerjaan yang menciptakan kesuksesan.

Menciptakan pola pikir pantang menyerah berarti Anda naik level di setiap area kehidupan Anda. Itu bukan sesuatu yang Anda posting di media sosial. Ini adalah perubahan dalam apa yang akan Anda terima sebagai bagian dari perjalanan Anda untuk menjadi versi diri Anda yang paling sukses.

Pantang menyerah untuk berada di posisi teratas artinya Anda menolak untuk menetap dan mudah puas dengan hasil yang biasa-biasa saja, dan Anda tidak pernah berhenti karena kesuksesan bukanlah tujuan akhir.

Keberhasilan dalam bisnis yang Anda cari terletak pada pola pikir yang Anda kembangkan. Lakukan perjalanan Anda menuju sukses lebih dari sekadar layanan bibir. Gunakan keempat strategi ini untuk membangun pola pikir tanpa henti dan mengklaim kehidupan dan bisnis yang Anda inginkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top