Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang jadi Reseller untuk Pengendara Motor

Pengendara sepeda motor setiap harinya akan mengambil barang dari gudang yang telah ditentukan, membayar barang di muka, mengirimkannya, menjualnya ke toko-toko kecil atau menjual langsung ke pelanggan
Grosir one
Grosir one

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda pengendara sepeda motor yang ingin menjadi reseller, GrosirOne bersama PT Rukun Mitra Sejati, perusahaan distributor FMCG Jawa Timur, meluncurkan Boom Motorist, tawaran reseller untuk menambah penghasilan.

Pengendara sepeda motor setiap harinya akan mengambil barang dari gudang yang telah ditentukan, membayar barang di muka, mengirimkannya, menjualnya ke toko-toko kecil atau menjual langsung ke pelanggan. Saat ini terdapat 3200 pengendara motor yang telah mengikuti program Boom Motorist.

Salah satu keuntungan mengikuti program ini adalah para pengendara motor akan mendapatkan keuntungan dari margin penjualan harian harinya. Anggota Boom Motorist setiap harinya akan mengirimkan atau menjual barang senilai Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.

GrosirOne didirikan pada tahun 2018 oleh Erben Noerman, seorang distributor konvensional yang melihat peluang dengan mengatasi kesulitan yang dialami berbagai pihak, yaitu principal, distributor dan outlet konvensional. Saat ini GrosirOne memiliki 30 principal, 39 distributor dan tercatat telah memiliki lebih dari 35.000 outlet di seluruh Jawa. Beberapa investor pun telah mendukung GrosirOne dan bertindak sebagai penasihat yang kemudian membantu GrosirOne untuk menyempurnakan model bisnisnya.

“Filosofi GrosirOne adalah bagaimana menciptakan efisiensi dalam value chain melalui teknologi yang bekerja dengan fintech. Dan yang terpenting, kami berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalah dalam rantai tanpa ‘membeli’ pasarnya," ujar Erben Noerman dalam siaran persnya.

Pada awalnya, GrosirOne melihat peluang pada distributor untuk memanfaatkan diskon pembayaran awal dengan menghubungkan lender dan peminjam. Penggunaan teknologi juga diharapkan dapat menjadikan proses dan analisa yang aman dan efektif demi meningkatkan margin mereka. Dalam prosesnya, GrosirOne mendigitalkan supply chain untuk memastikan berjalan mulusnya pekerjaan dengan lancar, aman, dan efisien untuk semua pihak yang terlibat.

Untuk mendukung kebutuhan ekosistem pinjaman, GrosirOne melakukan pendekatan untuk bekerja sama dengan berbagai perusahaan pinjaman online untuk mendukung pihak-pihak yang terlibat dalam value chain, diantaranya perusahaan peer to peer yang terdaftar di OJK dan Koperasi Simpan-Pinjam.

Lie Hendy Lianto atau yang akrab disapa Ko Xiong, pemilik PT Rukun Mitra Sejati, menyebutkan bahwa kerja sama dengan GrosirOne ini dapat menjamin dan melindungi masa depan bisnis mereka dengan mengadopsi teknologi yang unggul dan tangguh.

“Saya telah menjadi distributor sepanjang hidup saya, dan saya menyadari bahwa teknologi adalah kunci untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dan lebih menguntungkan antara prinsipal dan pengecer. Dengan teknologi, kita dapat terhindar dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu." ujarnya.

“Saya memulai penjualannya bersama para pengendara sepeda motor beberapa tahun lalu dalam menjawab kebutuhannya menjangkau pengecer yang berada di daerah yang lebih terpencil. Inisiatif ini meluas dan saat ini sudah dapat menghasilkan pendapatan setiap harinya. Reseller bersepeda motor ini dapat dikategorikan sebagai pemilik usaha mikro,” tambahnya.

Reseller sepeda motor membantu toko konvensional dengan mendistribusikan produk ke toko yang sulit dijangkau dan terpencil, di mana sebelumnya distributor konvensional sering kali merasa harus mengeluarkan biaya lebih untuk itu. Bagi pemilik toko di daerah terpencil, membeli dari reseller bersepeda motor adalah pilihan yang jauh lebih efisien daripada mengorbankan biaya lebih dengan pergi sendiri ke gudang terdekat untuk membeli barang persediaan yang terkadang menjadikan mereka harus terpaksa menutup toko untuk setengah hari karena mereka tidak mempunyai SDM lain untuk menjaga toko. Hal yang sama pun juga telah diperluas hingga ke Jawa Tengah dengan 300 reseller bersepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper