Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sandiaga Uno Banggakan OK OCE Perempuan, Lebih Berhasil?

Tercatat, sebanyak 80 persen perempuan Indonesia menguasai sektor UMKM nasional.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 26 September 2020  |  01:17 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tiba untuk menyaksikan sidang putusan MK terkait sengketa Pilpres 2019 di kediaman Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tiba untuk menyaksikan sidang putusan MK terkait sengketa Pilpres 2019 di kediaman Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -Konglomerat Sandiaga Uno menyebutkan perempuan lebih memiliki daya dalam mengembangkan bisnis. Tercatat, sebanyak 80 persen perempuan Indonesia menguasai sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kenapa UMKM didominasi perempuan? Karena berdasarkan riset diketahui usaha yang dibangun dan dikelola oleh kaum perempuan, ibu-ibu, emak-emak itu memiliki tingkat kesuksesan 80 persen dibandingkan usaha milik bapak-bapak," ujar Sandiaga Uno, dalam webinar bertajuk Wanita Kuat Indonesia Hebat, Kamis (24/9/2020).

Sandi kemudian membanggakan program OK OCE yang dijalankanya. Pogram untuk pelaku usaha kecil itu di klaim sudah memiliki lebih dari 400.000 orang anggota di seluruh Nusantara.

Pria yang akrab disapa Sandi ini mengamati para ibu yang tergabung dalam OK OCE Indonesia lebih berhasil dalam membangun jejaring antara pelaku UMKM dibandingkan pelaku usaha pria.

Sebab diketahui, jejaring merupakan kunci utama dalam mengelola dan mengembangkan usaha.

"Lewat jejaring kita bukan cuma bisa pasarkan produk milik sendiri, tapi juga bisa berbagi informasi mengenai tren, pasar juga ajang silaturahmi, itu yang paling penting," ungkap Sandi.

Merujuk potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan, Sandi menegaskan peran nyata dan strategis perempuan sangat dibutuhkan. Sebab berdasarkan penelitian, kaum perempuan memiliki adaptasi dan kemampuan bertahan yang lebih besar dibandingkan pria.

"This is the time, di sini dibutuhkan peran perempuan. Lead, pimpinlah dengan apa yang kita punya, yakinlah badai ini akan berlalu, yakinlah kesempatan dan masa depan yang cerah akan kita sambut karena kita tahu, dibalik laki-laki yang sukses, pasti ada perempuan yang hebat dan saya sangat percaya itu," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sandiaga uno
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top