Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fitur Baru Instagram Khusus untuk Pelaku Bisnis, Seperti Apa?

Fitur Shopping Instagram bertujuan untuk membantu UMKM dan kreator di Indonesia untuk terus naik kelas.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  11:28 WIB
Instagram - Istimewa
Instagram - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram meluncurkan fitur terbarunya yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis di Tanah Air.

Fitur yang dimaksud adalah Shopping yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memaksimalkan strategi pemasaran mereka di platform sosial media milik Facebook itu. Shopping akan hadir bagi seluruh pengguna di Indonesia secara bertahap mulai Selasa (6/10/2020).

Menurut Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian, kehadiran Shopping merupakan bagian dari upaya Instagram untuk menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama di tengah masa pandemi ini.

"Fitur Shopping adalah kelanjutan dari komitmen kami dalam membantu UMKM dan kreator di Indonesia untuk terus 'naik kelas' dan meraih sukses, baik di dalam maupun di luar negeri," katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Rabu (7/10/2020).

Seperti diketahui, sejak Juli lalu, Instagram juga telah melakukan uji coba untuk tab Toko (Shop) di halaman navigasi utama Instagram. Dengan tab tersebut, pengguna akan semakin mudah dalam menemukan brand dan bisnis favorit mereka. Instagram akan segera meluncurkan tab Toko ini untuk semua pengguna di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Lebih lanjut Pieter menjelaskan untuk menggunakan fitur Shopping, pertama-tama pelaku bisnis harus membuat Toko melalui Commerce Manager. Setelah berhasil, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan.

2. Pilih Bisnis dan klik siapkan Instagram Shopping

3. Ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun. Demi menjaga keamanan pengguna di platform Instagram, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalisasi kesalahan.

4. Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.

fitur instagram bisnis

Jika permohonan telah disetujui, pelaku bisnis dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram Anda, lalu pilih Pengaturan.

2. Pilih Bisnis dan klik Shopping. Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis di Pengaturan, besar kemungkinan akun tersebut masih dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping ditolak.

3. Pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan dengan akun bisnis

4. Tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam postingan-postingan mereka.

Pieter menambahkan fitur Shopping ini juga sekarang tersedia di IGTV, memberikan opsi lebih banyak bagi pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten yang menarik untuk menjual produk-produk mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online instagram
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top