Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tanda Anda Memberikan Nilai Lebih Kepada Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, jangan pernah janji berlebihan. Janji yang berlebihan akan membuat Anda kewalahan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  15:17 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kita semua ingin mendapatkan pengakuan baik itu berkat suatu pencapaian dalam bisnis atau hidup.

Meskipun menyenangkan mendapatkan validasi untuk hal-hal seperti selera mode atau selera musik Anda, untuk pekerja lepas dan wirausahawan, bentuk validasi utama berasal dari mengetahui bahwa Anda memberikan nilai lebih kepada klien Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa mengetahui apakah Anda benar-benar memenuhi tujuan mulia ini?

Sederhana. Dengan memperhatikan tindakan Anda sendiri dalam menjalankan bisnis dan berinteraksi dengan pelanggan, serta cara mereka menanggapi Anda, Anda dapat dengan mudah melihat bagaimana Anda memberikan nilai yang tak tertandingi - atau apakah ada ruang untuk perbaikan.

Forbes mengungkapkan empat tanda bahwa Anda telah berhasil memberikan nilai yang tak tertandingi kepada pelanggan dari layanan yang Anda berikan.

1. Anda Membuat Hal yang Rumit Mudah Dimengerti.

Sebagai seorang freelancer atau solopreneur, Anda mungkin berpikir bahwa apa yang Anda lakukan cukup mudah. Kemungkinannya adalah, pelanggan Anda tidak merasakan hal yang sama. Itulah alasan utama mengapa mereka datang kepada Anda untuk meminta bantuan.

Sayangnya, banyak pengusaha suka mempertahankan karakter "mistik" tentang apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya. Namun hal ini tidak menimbulkan kepercayaan pada pelanggan Anda. Justru sebaliknya. Mereka mungkin mengira Anda tidak benar-benar tahu apa yang Anda bicarakan, atau bahwa Anda mencoba menipu mereka.

Wirausahawan sejati mampu menjelaskan berbagai hal kepada pelanggan mereka dengan cara yang sederhana dan ringkas yang masuk akal. Mereka menghindari jargon sambil tetap menawarkan jawaban yang jelas yang menunjukkan bahwa mereka mengetahui seluk beluk industri mereka.

2. Anda Melebihi Ekspektasi Pelanggan.

Kita semua tahu ungkapan “under-promise and over-deliver.” Inilah yang terjadi jika Anda begitu akrab dan percaya diri, sehingga Anda dapat bergerak maju dengan kepastian mutlak bahwa Anda akan memberikan hasil berkualitas tinggi.

Ketika Anda secara konsisten memberikan yang ekspektasi berlebih kepada klien Anda, mereka menjadi terbiasa dengan hasil berkualitas yang hanya dapat Anda berikan. Begitu mereka memasuki sweet spot ini, gagasan untuk pergi ke padang rumput yang lebih hijau tidak pernah menjadi pilihan, karena Andalah yang terbaik yang pernah mereka temukan.

Sekadar peringatan: jangan pernah janji berlebihan. Janji yang berlebihan akan membuat Anda kewalahan, membenci klien Anda dan tidak punya cukup waktu untuk pertumbuhan bisnis yang berarti - atau kehidupan di luar pekerjaan!

3. Referensi Terus Berdatangan

Pemasaran dan periklanan adalah capaian yang konstan bagi para wirausahawan, tetapi tidak peduli seberapa bagus kampanye media sosial atau email Anda, kemungkinan besar mereka akan diabaikan oleh sebagian besar orang yang melihatnya.

Dalam dunia pemasaran, prospek terhangat selalu datang dari rujukan klien.

Seperti halnya, ketika klien Anda saat ini memberi tahu orang lain dalam lingkungannya untuk mendatangi Anda untuk layanan yang mereka butuhkan. Alih-alih Anda yang mendekati prospek, prospek itu akan menjangkau Anda dengan sendirinya.

Ini adalah penghargaan tertinggi bagi seorang pengusaha atau pekerja lepas. Ini menunjukkan seberapa besar klien Anda mempercayai pekerjaan Anda dan menghargai apa yang Anda berikan kepada mereka.

4. Anda Selalu Mencari Cara untuk Meningkatkan Kualitas.

Saat Anda merasa nyaman dan berpuas diri, sebuah penyakit yang disebut dengan 'mediocrity' sedang berada di dekat Anda. Dan ketika itu terjadi, pesaing di ceruk pasar Anda akan siap untuk terjun dan kabur dengan klien Anda yang tidak lagi mendapatkan nilai yang mereka butuhkan.

Jangan biarkan kesuksesan menghalangi Anda mencari cara untuk meningkatkan penawaran layanan Anda. Selalu ada peluang untuk berkembang. Anda hanya perlu berusaha untuk menemukannya.

5. Saatnya Untuk Mulai Menunjukkan Nilai Anda

Ketika Anda memberikan pelanggan Anda yang terbaik, Anda akan menuai hasil alami dari upaya tersebut. Kemampuan Anda untuk menunjukkan nilai nyata dan abadi kepada pelanggan Anda adalah bagaimana Anda akan mempertahankan klien favorit Anda dan menarik rujukan dengan bayaran tinggi.

Saatnya mulai bekerja sehingga Anda dapat memberikan (dan memamerkan) nilai Anda yang sebenarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top