Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mau Bisnis Tanaman Hias? Kenali Berbagai Jenis Tanaman Terlaku Ini

Di luar pandemi, budidaya tanaman hias merupakan usaha pertanian yang populer di banyak belahan dunia karena biaya perawatan dan bibit yang relatif lebih murah, meskipun di luar sana ada banyak tanaman hias yang harganya bahkan mencapai jutaan rupiah per pot.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  14:50 WIB
Monstera
Monstera

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi membatasi kegiatan kita hanya dari rumah, dan beberapa orang mulai menemukan hobi dan minat baru untuk menghabiskan waktu secara produktif.

Salah satu di antaranya adalah berkebun dengan berbagai macam metode dan jenis tumbuhan.

Bahkan, hobi baru yang satu ini, bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Di luar pandemi, budidaya tanaman hias merupakan usaha pertanian yang populer di banyak belahan dunia karena biaya perawatan dan bibit yang relatif lebih murah, meskipun di luar sana ada banyak tanaman hias yang harganya bahkan mencapai jutaan rupiah per pot.

Menurut Laporan Riset “Pasar Bunga dan Tanaman Hias” Global 2020-2024, pasar dunia untuk Tanaman Bunga dan Hias diharapkan tumbuh sekitar 6,3% selama lima tahun ke depan, atau mencapai US$57.400 juta pada tahun 2024, dari US$42.400 juta pada 2019.

Nah, dengan potensi ini, bisa jadi, hobi Anda suka merawat tanaman dan bercita-cita menjadi bos bagi diri Anda sendiri dapat menjadi inspirasi dari bisnis tanaman hias yang cocok untuk Anda.

Apalagi, saat ini banyak orang mencari tanaman hias untuk mempercantik rumahnya saat bekerja di rumah. Beberapa tanaman hias yang biasa dicari yakni tanaman hiasan untuk rumah, tanaman hias untuk hiasan di taman atau fasilitas umum lainnya, serta tanaman hias berupa bunga yang dijual per batang atau dalam bentuk buket.

Dilansir melalui Cashlez, jika anda memiliki pengetahuan yang kurang tentang budidaya tanaman hias, tentunya anda akan kesulitan untuk mengelola bisnis yang satu ini.

Jadi sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki pengetahuan dasar tentang bisnis tanaman hias, bukan hanya cara menanamnya saja.

Coba pelajari jenis-jenis tanaman hias yang memiliki potensi jual tinggi.

Setelah Anda memahami dasar-dasar usaha tanaman hias dan cara merawat tanaman, Anda juga perlu melakukan survei untuk mengetahui jenis tanaman hias yang banyak dicari oleh masyarakat.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan produk yang Anda jual dengan permintaan pasar. Di Indonesia beberapa tanaman hias populer seperti berikut ini:

1. Monstera atau Janda Bolong

Sejak 2016, tanaman monstera atau yang lebih dikenal dengan Janda Bolong menjadi buruan para pecinta tanaman. Tren membudidayakan monstera juga banyak dijumpai di sosial media, bahkan, tanaman unik dengan daunnya yang lebar atau berlubang sering digunakan sebagai dekorasi atau properti studio.

Harga jualnya di beberapa platform online mencapai Rp350.000 hingga Rp1,2 juta per helai daun. Untuk monstera yang sudah subur, harga bahkan melampaui Rp20 juta. Tingkat kesulitan dalam membudidayakan monstera yang tinggi menjadikan keberadaannya cukup langka. Monstera deliciosa, merupakan jenis monstera yang paling sering ditemui.

2. Kaktus

Kaktus hias atau kaktus mini merupakan tanaman yang biasa ditanam di media pot dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Selain sebagai hiasan rumah, kaktus hias saat ini banyak dijadikan sebagai kado atau souvenir acara pernikahan. Tanaman ini mampu hidup cukup lama di lingkungan kering dan panas dengan sedikit air. Di antara jenis tanaman hias lainnya, kaktus dijual dengan harga yang cukup terjangkau tergantung varian dan kelangkaannya.

3. Keladi

Ada beberapa variasi tanaman keladi yang kini makin digandrungi oleh masyarakat, antara lain keladi putih, keladi pink, dan keladi wayang. Setiap jenisnya memiliki corak warna cerah dan pola guratan pada daun yang berbeda-beda. Tanaman keladi dijual dengan harga kisaran Rp50.000 - Rp355.000.

4. Sansevieria

Tanaman yang lebih dikenal dengan sebutan bunga Lidah Mertua ini banyak dicari oleh peminat tanaman hias karena tidak hanya cantik untuk dijadikan dekorasi, tanaman ini mampu mendeteksi racun serta mengeluarkan oksigen di setiap daunnya.

5. Krokot

Bunga krokot makin diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai tanaman hias dengan varian warna yang cerah dan indah. Bunga krokot juga memiliki nama lain yaitu Moss Rose. Tanaman krokot termasuk tanaman yang mudah di budidayakan, terbukti dari tanpa adanya perawatan sudah tumbuh subur. Selain itu, tanaman krokot dapat dijadikan tanaman hias dan baik untuk kesehatan, dan diolah sebagai teh krokot.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tanaman hias
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top