Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grace Tahir, Ini Kiprah Anak Kedua Konglomerat Tahir Pemilik Mayapada

Sebagai penerus Grup Mayapada, Grace Tahir memiliki caranya sendiri untuk mengembangkan perusahaan dan keahliannya sebagai entrepreneur.
Putri kedua Dato' Sri Tahir, Grace Tahir menjadi penerus khususnya di bidang kesehatan./istimewa
Putri kedua Dato' Sri Tahir, Grace Tahir menjadi penerus khususnya di bidang kesehatan./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Brand Mayapada mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ada andil salah satu orang terkaya di Indonesia di balik kesuksesan grup perusahaan ini.

Dato' Sri Tahir, yang mendirikan konglomerat Grup Mayapada sejak 1986, masuk ke dalam daftar orang terkaya Indonesia tahun 2019.

Dia menempati posisi ketujuh daftar orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan senilai US$4,8 miliar.

Jenis usahanya memiliki diversifikasi yang cukup luas di antaranya jasa keuangan, kesehatan, hotel dan real estate, ritel, media hingga pertambangan dan energi.

Adapun, lini bisnis kesehatan Grup Mayapada kini dinahkodai oleh anak kedua dari pernikahan Dato' Sri Tahir dengan Rosi Riady, yakni Grace Tahir.

Dilansir melalui beberapa sumber, Grace adalah salah satu pengusaha wanita sukses di Indonesia. Selain menjabat sebagai direktur di Rumah Sakit Mayapada, dia juga sedang merintis perusahaan rintisan yang fokus pada bidang kesehatan.

Putri kedua Dato' Sri Tahir ini memulai karirnya di sektor kesehatan sebagai direktur di Siloam Healthcare.

Kemudian pada 2008, lulusan University of Southern California ini bergabung dengan Rumah Sakit Mayapada dan menjabat sebagai direktur sejak 2012.

Sebagai penerus Grup Mayapada, Grace memiliki caranya sendiri untuk mengembangkan perusahaan dan keahliannya sebagai entrepreneur.

grace tahir siloam
grace tahir siloam

Dikutip melalui Enterprise Asia, semasa kuliah, Grace selalu ingin mencoba karir di bidang teknologi tetapi tidak pernah punya kesempatan.

Hanya setelah menikah, memiliki anak dan bekerja untuk ayahnya, dia menyadari bahwa dia perlu memberi kesempatan pada passionnya.

Pada 2012, Grace dan suaminya Ronald Kumalaputra membuat aplikasi bernama BibbyCam. Aplikasi ini berhasil menjadi viral dan digunakan oleh lebih dari 300.000 orang di seluruh dunia dan merupakan salah satu finalis di Tech bergengsi di Asia's Startup Arena.

Namun sayang, karena popularitas BlackBerry yang menurun, aplikasi BibbyCam harus ditutup dalam waktu kurang dari dua tahun.

Berangkat dari keseriusannya untuk memajukan sektor kesehatan pula, Grace punya misi untuk mengembangkan Healtech untuk memperluas keterjangkauan layanan kesehatan yang sekarang masih dihadapi dengan berbagai keterbatasan.

Untuk proyek medtech pertamanya di 2013, Grace mendirikan PilihDokter (sekarang dokter.id) , portal kesehatan online yang menghubungkan orang dengan dokter serta menawarkan saran kesehatan dan medis.

Untuk proyek teknologi keduanya, Grace membuat perangkat lunak sistem layanan kesehatan yang diberi nama Medico.

Grace juga merupakan salah satu angel investor yang tergabung dalam Angel Investor Network Indonesia (ANGIN).

Terjun ke dunia start-up pada usia 30-an, Grace mengalami kritik, penolakan, dan bahkan sabotase perusahaan, yang semuanya bisa dihindari jika dia memilih untuk tidak menjadi pengusaha.

Namun, dengan setiap kekalahan dan kekecewaan, Grace merasakan apa itu kewirausahaan dan terus memilih untuk berjalan dengan susah payah.

Jalan ini telah dilalui oleh kakek dan neneknya, oleh orang tuanya dan dia sekarang dengan bangga melewatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper