Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Sukses Bisnis Online di Musim Liburan 2020

Online marketplace bakal berfungsi sebagai sumber substansial untuk volume penjualan yang tinggi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 November 2020  |  16:09 WIB
Ilustrasi e-commerce - CC0
Ilustrasi e-commerce - CC0

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki kuartal IV/2020, banyak bisnis akan menyusun strategi bagaimana menjadi pemasok terbaik ketika tren pengeluaran berada di tingkat tertinggi.

Fenomena belanja akhir tahun kemungkinan besar masih akan terbukti valid selama 2020, kecuali perubahan pada perilaku konsumen yang kini lebih memanfaatkan teknologi e-niaga untuk membatasi interaksi secara langsung.

Sebagian besar bisnis sudah bersiap untuk mendukung permintaan. Lanskap online menjadi semakin luas, karena vendor tambahan telah memasuki arena bermain dan perilaku audiens berubah.

Untuk memastikan visibilitas perusahaan dimaksimalkan dan penjualan berkembang pesat, mereka memerlukan rencana pemasaran yang mencakup situs web, pasar lain, dan media sosial.

Berikut delapan cara membuat strategi itu, seperti dilansir melalui Entrepreneur, Kamis (12/11).

1. Ciptakan dan pertahankan reputasi online Anda

Situs atau platform yang mumpuni adalah landasan agar strategi penjualan Anda berhasil, karena bisnis online tentu harus memiliki rumah daring. Harus ada cara untuk membeli produk atau layanan dan sumber daya dengan informasi tentang kebijakan, proses, dan dukungan pelanggan.

Selain itu, online marketplace akan berfungsi sebagai sumber substansial untuk volume penjualan yang tinggi, karena hal ini memungkinkan pembeli untuk mencari banyak produk dari berbagai pemasok pada satu platform.

Beberapa e-commerce yang terkenal adalah Amazon, Etsy, Walmart, dan Alibaba.

Media sosial juga merupakan penggerak utama lalu lintas belanja online. Orang mungkin tidak mengunjungi situs web bisnis setiap hari, tetapi mereka mengunjungi media sosial. Inilah mengapa kehadiran di media sosial sangat penting.

2. Pamerkan produk dan layanan teratas

Sangat umum untuk memiliki persediaan produk yang besar dengan ribuan SKU dan penawaran layanan serbaguna. Selama liburan, pamerkan barang terlaris, paket, dan item bertema musiman Anda untuk membuat proses pembelian semudah mungkin bagi pembeli.

3. Tambahkan promo lebih dari sebelumnya

Liburan adalah waktu yang tepat bagi pelanggan Anda, tetapi itu mungkin tidak layak secara ekonomi tahun ini. Berikut adalah beberapa cara berbiaya rendah untuk memasarkan penawaran Anda:

- Menawarkan kartu hadiah termasuk layanan sehingga penerima dapat memilih apa yang mereka inginkan dan kapan

- Gabungkan item dalam bundle untuk menawarkan paket yang disesuaikan untuk satu orang, pasangan, atau keluarga

- Menyediakan layanan pembungkus hadiah

- Buka layanan pengiriman khsusu, jadi jika seseorang ingin memesan lebih awal, mereka dapat melakukannya dan memilih tanggal pengiriman

4. Sediakan kolom ulasan

Ulasan adalah cara yang bagus untuk memperkuat reputasi perusahaan, karena umpan balik konsumen dipublikasikan. Beberapa orang bahkan tidak melakukan pembelian sampai mereka memeriksa ulasan konsumen lain terhadap perusahaan atau merek.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk membahas apa yang disuarakan oleh publik sebagai masalah, menanggapi peringkat rendah secara proaktif dan secara aktif memantau apa yang dikatakan konsumen.

5. Pemasaran silang yang inovatif

Menemukan tempat berjualan online di mana target pasar Anda secara aktif berpartisipasi adalah awal yang baik untuk mengidentifikasi platform bisnis.

Misalnya, sebuah perusahaan yang mengirimkan pelatih pribadi mungkin beriklan di situs web ibu bersalin dan ibu rumah tangga dengan anggapan bahwa ibu baru akan ingin berolahraga setelah melahirkan dan membutuhkan fleksibilitas waktu dan tempat.

6. Branding

Sulit untuk mengetahui apakah penerima hadiah membeli produk lagi karena penjualan awal dilakukan oleh orang lain. Inilah mengapa sangat penting untuk memiliki branding yang solid, karena seseorang dapat dengan mudah menemukan organisasi berdasarkan nama dan identitas visual.

7. Pemasaran email

Email adalah cara no. 1 untuk mendorong konten ke konsumen. Topik yang bisa diangkat pada momen penjualan musim liburan tahun ini mungkin termasuk penjual teratas, item bertema liburan, penjualan dan info tambahan, semua dengan maksud konversi prospek.

8. Bergabunglah dengan komunitas online

Acara tatap belum memungkinkan sehingga konten promosi yang biasanya Anda sematkan di spanduk, materi cetak, dll. terpaksa tidak terpakai sebagian atau seluruhnya. Kondisi ini membuka jalan baru untuk kesempatan co-hosting, pemasaran, dan kemitraan online. Dari sini Anda dapat saling berdiskusi dan memasarkan produk Anda bersama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komunitas online ecommerce
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top