Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Memulai Usaha, Ini Tips Mendesain Brand Agar Jualan Laku

Saat berwirausaha, belajar teknik fotografi juga sangat penting agar menggugah selera pelanggan, karena biasanya pandangan pertama menjadi penting.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 27 November 2020  |  12:42 WIB
PO Hotel Semarang menawarkan menu/menu baru khas kuliner Singapura, seperti Assam Laksa, Char Koay Teow, Chee Cheong Fu), Mee Rebus , Nasi Lemak Ayam Berempah, Kari Ayam Kentang, Hokkien Mee, dan Satay Beehon.
PO Hotel Semarang menawarkan menu/menu baru khas kuliner Singapura, seperti Assam Laksa, Char Koay Teow, Chee Cheong Fu), Mee Rebus , Nasi Lemak Ayam Berempah, Kari Ayam Kentang, Hokkien Mee, dan Satay Beehon.

Bisnis.com, JAKARTA -- Selama pandemi, orang-orang akan memproduksi makanan dan dipromosikan melalui media sosial pribadi.

Bagi kamu yang ingin memulai usaha baru, maka jangan kebingungan untuk memulai usaha makanan, jasa dan lainnya, karena banyak juga yang memiliki produk yang sama dan kebingungan apakah bisnisnya akan maju.

Jangan khawatir, meskipun produknya sama, ada cara yang berbeda untuk memajukan bisnis yakni dengan desain.

Rio Purba, profesional brand designer mengatakan bahwa desain itu tidak sembarang dilakukan, ada manfaatnya bagi produk dan bisnis Anda. “Desain yang bagus itu akan memadukan warna, bentuk, tulisan dan elemen lainnya sehingga terjadi harmonisasi yang enak dilihat dan akan membuat kesan yang bagus saat pandangan pertama oleh customer,” ujarnya dalam pelatihan virtual UKM dari Alfamart, Jumat (27/11/2020).

Selain itu, Rio menambahkan bahwa saat produk yang dijual sudah banyak beredar, maka Anda membutuhkan desain dan hasil jepret yang menarik agar berdampak baik pada penjualan.

Desain juga membangun emosi. Emosi yang dimaksud disini berkaitan dengan hubungan yang dibangun dengan pelanggan, jadi secara emosi desain brand terhubung dengan pelanggan, emosi ini bisa mempengaruhi seseorang memilih atau membeli produk.

 Berikut beberapa cara untuk membangun brand dari bisnis Anda, beberapa diantaranya adalah:

1. Memiliki logo

Logo adalah identitas visual yang menjadi wajah dari bisnis atau brand kita sehingga peran logo yang penting ini mengharuskan kita memiliki logo. Wajah bisnis haruslah unik dan berbeda dari yang lainnya.

2. Tagline

Tagline juga penting untuk menguatkan identitas kita, coba buat tagline yg mudah diingat dan unik.

3. Konsisten

Kembangkan visualisasi brand yang konsisten, baik itu logo, skema warna yang digunakan, tulisan, semuanya harus digunakan secara konsisten di semua elemen brand dan marketing.

“Logo mempengaruhi juga, kemasannya diganti, stikernya juga ganti baru, jadi terlihat lebih bersih, lebih terpercaya. Kalau salesnya naik, berarti proses desain yang dilakukan berhasil, lebih terpercaya lebih seperti perusahaan-perusahaan besar. Kalau gaptek atau gagap teknologi, tidak apa-apa bisa belajar asal ada semangat dan kemauan untuk belajar,” katanya.

Belajar teknik fotografi juga sangat penting agar menggugah selera pelanggan, karena biasanya pandangan pertama pelanggan terhadap suatu produk itu menjadi titik penting apakah pelanggan ini akan membeli produk ini atau tidak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha kuliner makanan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top