Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Bisnis Franchise Anda Sukses, Perhatikan Poin-poin Penting Berikut Ini

Sebagai pelaku bisnis, atau individu, Anda memerlukan cara untuk mengukur kemajuan seiring waktu sehingga Anda dapat mengetahui apa yang Anda lakukan berhasil untuk bisnis waralaba Anda.
Aneka Franchise./Ilustrasi
Aneka Franchise./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Manusia perlu merasa bahwa mereka tumbuh dan berkembang.

Sebagai pelaku bisnis, atau individu, Anda memerlukan cara untuk mengukur kemajuan seiring waktu sehingga Anda dapat mengetahui apa yang Anda lakukan berhasil untuk bisnis waralaba Anda.

Jika Anda tidak yakin bagaimana mengukur sistem kerja bisnis Anda, Anda kemungkinan akan membandingkan diri Anda dengan orang lain, meskipun informasi yang Anda peroleh bisa saja menyesatkan.

Salah satu solusi untuk isu ini adalah dengan melihat kemajuan dengan tolak ukur berbeda

Mari kita lihat beberapa metrik terpenting yang harus Anda pertimbangkan ketika melakukan bisnis franchise, seperti dikutip melalui Entrepreneur.

1. Penjualan Bruto

Ini adalah ukuran paling dasar dari sebuah bisnis. Peringkat Anda mungkin didasarkan pada angka ini, dan itu sangat penting bagi pemilik waralaba Anda, karena angka ini digunakan untuk menghitung royalti mereka. Namun, bagaimana penjualan kotor Anda dibandingkan dengan lokasi lain kurang penting dibandingkan dengan perbandingannya dengan penjualan kotor Anda sendiri dari periode sebelumnya. Angka itu akan memberi tahu Anda ke mana arah bisnis Anda bergerak dan seberapa cepat.

2. Peringkat

Peringkat hanya berlaku untuk dua alasan, dan hanya ada satu yang benar-benar penting. Yang tidak penting adalah ego. Rasanya menyenangkan bisa mengalahkan orang lain. Tetapi waralaba bukanlah kontes atau cara untuk memvalidasi betapa hebatnya Anda. Ini adalah cara untuk menjadi kaya (dalam hal uang, waktu, dan kualitas hidup). Manfaat nyata dari peringkat adalah membantu Anda mengidentifikasi cara kerja apa yang berhasil, sehingga Anda dapat menyelidiki dan meneruskannya.

3. Keuntungan

Ini adalah angka yang sangat penting. Dari sudut pandang pendapatan, ini adalah metrik yang akan memengaruhi semua keputusan Anda. Jika pemilik waralaba Anda dapat memberi peringkat lokasi secara akurat dengan angka ini, daftar tersebut mungkin terlihat sangat berbeda dari peringkat penjualan kotor.

Anda dapat dengan mudah mencapai peringkat penjualan teratas. Tapi apakah untung? Ini membutuhkan ketajaman bisnis yang nyata.

Saat Anda berbaur dengan sesama pebisnis waralaba dan membicarakan angka-angka, coba cari tahu berapa keuntungan mereka, meskipun itu hanya persentase dari penjualan kotor. Kemudian berusahalah untuk belajar dari mereka yang prestasinya bagus.

4. Tingkat Pertumbuhan

Ini memberi tahu Anda jika bisnis tumbuh atau menyusut, dan seberapa cepat. Sekali lagi, berhati-hatilah dalam membandingkan capaian Anda dengan orang lain. Karena pertumbuhan 20% belum tentu lebih menguntungkan dari pertumbuhan 15% jika nilai pembandingnya lebih kecil.

5. Kepuasan Pelanggan

Semakin bahagia Anda membuat orang lain, semakin banyak mereka membeli, semakin banyak mereka berbicara, dan semakin banyak Anda menghasilkan. Indikator ini sering kali diukur dengan melihat Net Promoter Score (NPS), Customer Satisfaction Score (CSAT) atau Customer Effort Score (CES) bisnis. Anda juga dapat melihat ulasan dan peringkat di situs online.

6. Jumlah Pelanggan

Bisnis yang berulang menunjukkan layanan yang baik, sedangkan bisnis baru menunjukkan pemasaran yang baik, termasuk pelanggan yang senang melakukan pemasaran untuk Anda. Untuk tumbuh, Anda perlu mendapatkan pelanggan baru dan mengubahnya menjadi pelanggan tetap.

Mengetahui seberapa sering pelanggan tetap datang dan berapa banyak yang mereka belanjakan akan membantu Anda menentukan nilai pelanggan. Dan angka itu akan membantu Anda membuat keputusan pemasaran dan menghitung biaya akuisisi pelanggan Anda.

7. Belanja Rata-Rata Pelanggan

Angka ini menunjukkan jumlah rata-rata yang dibelanjakan pelanggan Anda per transaksi, memberi tahu Anda seberapa baik Anda menjual produk yang Anda tawarkan. Pertumbuhan terjadi tidak hanya dengan mendorong lebih banyak penjualan tetapi dengan mendorong penjualan yang lebih besar.

Perhatikan angka ini dan berusahalah untuk meningkatkannya. Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan menawarkan nilai lebih. Kurangi fokus pada upselling dan lebih pada up-serve. Berusaha keras untuk membuat pelanggan lebih bahagia dengan setiap transaksi.

8. Kepuasan Karyawan

Anda tidak dapat membuat pelanggan senang jika Anda tidak lebih dulu membuat karyawan Anda senang. Apakah Anda tahu bagaimana perasaan karyawan Anda sebenarnya? Apakah mereka terlibat dalam pengembangan bisnis? Jangan hanya bertanya bagaimana perasaan mereka - ukur dengan angka, yang membuatnya lebih mudah untuk dilacak dari waktu ke waktu.

9. Pengeluaran

Memantau pengeluaran sangat penting untuk mencapai profitabilitas. Perhatikan peluang untuk menghemat uang dari produk yang terjual dan mana yang tidak begitu laku.

Ada banyak indikator dan laporan untuk membantu Anda melacak kinerja. Pemilik waralaba Anda memiliki banyak data bagus dan berguna yang akan membantu Anda menjalankan bisnis. Lihatlah angka Anda sendiri dibandingkan dengan periode waktu sebelumnya.

Membandingkan diri sendiri dengan diri sendiri jauh lebih produktif daripada membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Lirik franchisee hanya untuk melihat cara meningkatkan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper