Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMKM Bisa! Komitmen Visa dan Gojek Dorong Pertumbuhan UMKM

Perusahaan pembayaran digital tersebut berkolaborasi dengan Gojek, sebagai penyedia teknologi pembayaran digital dan layanan on-demand meluncurkan kampanye "UMKM Bisa!" untuk memberdayakan UMKM di bawah naungan Gojek di Indonesia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 11 Desember 2020  |  08:17 WIB
Ilustrasi pengemudi Gojek mengikuti inisiatif J3K di Bekasi. - Antara\\n\\n
Ilustrasi pengemudi Gojek mengikuti inisiatif J3K di Bekasi. - Antara\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA -- Kampanye UMKM Bisa! menghadirkan seperangkat instrumen, pengetahuan, dan wawasan bisnis bagi UMKM yang telah tergabung dalam ekosistem Gojek agar mampu bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi dan seterusnya.

Untuk membantu para pelaku UMKM menghadapi masa pandemi, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Salah satu perusahaan yang terus berkomitmen membantu pertumbuhan bisnis UMKM adalah Visa.

Kali ini, perusahaan pembayaran digital tersebut berkolaborasi dengan Gojek, sebagai penyedia teknologi pembayaran digital dan layanan on-demand meluncurkan kampanye “UMKM Bisa!” untuk memberdayakan UMKM di bawah naungan Gojek di Indonesia.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan bahwa UMKM Bisa! ini menghadirkan perangkat dan pengetahuan online bagi pelaku UMKM untuk memperkuat bisnisnya. Terdapat beragam video, infografik, dan modul e-learning yang dapat menjangkau 600.000 merchant UMKM Gojek.

Selain itu, inisiatif tersebut juga dapat dikomunikasikan kepada sekitar tujuh juta merchant UMKM lainnya, dan menerapkan pendekatan tiga tahap dalam mendukung pengembangan kapasitas usaha secara maksimal.

Para pelaku UMKM akan menerima serangkaian modul interaktif yang dapat dipelajari secara mandiri, dan jika siap, mengerjakan kuis untuk menguji pemahaman atas materi yang disampaikan. Setelah lulus kuis, para pelaku UMKM akan menerima sertifikat kelulusan dan kesempatan untuk memenangkan sejumlah hadiah menarik.

“Sebagai perusahaan global yang menjalankan bisnis lokal, kami menyadari kebutuhan ini di Indonesia. Kami juga berkomitmen terhadap pemulihan jangka panjang dan akan terus mencari cara untuk mengakselerasi aktivitas ekonomi. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk membantu individu, bisnis, dan ekonomi berkembang,” tuturnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Kamis (10/12/2020).

Dukungan Gojek untuk kampanye UMKM Bisa! merupakan bagian dari upaya berkelanjutan di bawah inisiatif #MelajuBersamaGojek yang bertujuan untuk mendukung UMKM Indonesia go digital melalui beragam solusi komprehensif dan inklusif di ekosistem Gojek.

Berbagai solusi ini bertujuan membantu UMKM dalam menjalankan kegiatan operasional harian, mulai dari pemasaran, pemrosesan pesanan, pembayaran, pengiriman logistik, hingga administrasi bisnis.

Nila Marita, Chief Corporate Affairs Gojek, mengatakan bahwa dukungan terhadap kampanye UMKM Bisa! merupakan bagian dari misi jangka panjang kami bermitra dengan sektor swasta, publik, dan organisasi pemerintah untuk mengakselerasi UMKM agar mampu go digital.

“Kampanye Ini terbukti menjadi strategi penting dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis di masa yang penuh tantangan,” ujarnya.

Sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia belajar berbisnis sendiri tanpa melalui pendidikan bisnis yang formal. Kampanye UMKM Bisa! menghadirkan akses terhadap informasi strategis dan berwawasan yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM yang tergabung dalam ekosistem Gojek dalam mendorong pertumbuhan usaha.

“Hal ini tidak hanya menguntungkan usaha mereka, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap ketahanan perekonomian Indonesia,” tambahnya.

Gojek telah menerapkan beragam pendekatan dalam mendukung UMKM agar mampu go digital. Selain menyediakan solusi bisnis dari hulu ke hilir melalui fitur penemuan, pembayaran, logistik, dan layanan bisnis lain di ekosistemnya.

Selain itu, Gojek juga memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mengembangkan kemampuan usahanya melalui akses terhadap program pembangunan kapasitas yang dilaksanakan secara mandiri maupun melalui kemitraan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm visa Gojek
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top