Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Ide Bisnis dari Miniseri Netflix The Queen's Gambit

Dilansir melalui Entrepreneur, miniseri ini juga telah memicu beberapa ide inovatif terkait ide bisnis yang terinspirasi dari The Queen's Gambit.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  14:29 WIB
Warga bermain catur di taman di Nizhny Novgorod, Rusia - Reuters
Warga bermain catur di taman di Nizhny Novgorod, Rusia - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Miniseri yang sedang populer, The Queen's Gambit, merupakan adaptasi dari novel orisinal yang ditulis oleh Walter Trevis pada 1983.

Diperankan oleh Anya Taylor-Joy, miniseri ini menceritakan kisah Beth Harmon, seorang gadis yatim piatu yang belajar bermain catur dan melakukan segala daya untuk mengalahkan lawannya, sambil menghadapi dampak buruk dari narkoba dan alkohol.

Konten eksklusif Netflix ini telah menimbulkan demam catur yang tidak pernah kita lihat sebelumnya selama bertahun-tahun.

Dilansir melalui Entrepreneur, miniseri ini juga telah memicu beberapa ide inovatif terkait ide bisnis yang terinspirasi dari The Queen's Gambit.

1. Permainan catur

Sejak serial ini ditayangkan perdana, minat terhadap permainan ini telah bangkit kembali dan permintaan untuk jam, perangkat, dan aksesori khusus meningkat.

Tapi antusiasmu ini bukan hanya karena tayangan Netflix. Menurut The New York Times, selama setahun terakhir penjualan permainan catur naik 25% selama lockdown akibat pandemi, angka serupa juga terlihat untuk jenis board game lainnya. Namun, dalam minggu-minggu setelah pemutaran perdana miniseri itu, angkanya meningkat menjadi 125%.

Jadi, merupakan ide bisnis yang baik untuk menjual perangkat catur buatan tangan yang terbuat dari kayu atau bahkan dipersonalisasi untuk si kecil. Para pemain hebat dalam sejarah memulai karir mereka sangat muda, termasuk karakter fiksi Beth, yang belajar pada usia 9 tahun.

2. Kursus belajar catur

"Semakin banyak orang yang bermain catur lebih dari sebelumnya dalam sejarah," kata David Llada, juru bicara Federasi Catur Internasional, yang dikenal sebagai FIDE. Selain itu, akses ke chess.com telah meningkat 400%.

Orang-orang dari segala usia tertarik dengan permainan yang menunjukkan bagaimana raja dan ratu jatuh berulang kali di setiap permainan. Sejak The Queen's Gambit tayang, ada testimoni di berbagai media seperti jejaring sosial tentang bagaimana ibu rumah tangga hingga peminat muda ingin belajar cara memainkan game kuno ini dengan baik.

3. Blog specialized in chess for women

Ini bukan masalah pribadi, tetapi pria masih menjadi demografi pemain catur terbesar saat ini. Dan meskipun keanggotaan wanita telah meningkat dari 1% menjadi 14% dalam 20 tahun, di Federasi Catur Amerika Serikat, itu tidak seberapa dibandingkan dengan kehadiran pria.

Oleh karena itu, inisiatif yang baik adalah memiliki komunitas wanita yang ahli dalam subjek ini, untuk mengajar dan mendukung lebih banyak wanita untuk memasuki dunia catur yang secara historis dipimpin oleh jenis kelamin laki-laki.

Mengapa tidak mengambil ajaran Beth Harmon satu langkah lebih jauh? Anak perempuan, pelajar, dan pekerja sudah melihatnya sebagai panutan, untuk memberdayakan diri mereka sendiri dan menunjukkan bahwa seorang gadis bisa menjadi sebaik yang dia inginkan.

4. Toko pakaian vintage

Salah satu protagonis hebat dari program ini adalah penata kostum, Gabriele Binder. Di halaman khusus fashion, tidak ada kekurangan konten tentang "penampilan terbaik", "cara menciptakan kembali gaya Beth" dan pakaian ikonik.

Beth adalah pencinta mode dan suka berpakaian bagus. Ceritanya terjadi pada tahun 1960-an dan mencerminkan bagaimana para wanita pada masa itu berhias diri dengan gaya yang sangat khas itu. Kita berbicara tentang gaun dengan Peter Pan, bobo, leher bulat dan V, serta mantel dan potongan terstruktur yang menonjolkan siluet feminin.

Selama beberapa tahun, dunia mode dan konsumen telah kembali ke momen lain dalam sejarah untuk mengembalikannya menjadi tren. The Queen's Gambit tidak terkecuali dan pakaian "vintage" sedang mendapatkan momentumnya.

Kebangkitan catur yang telah dimainkan lebih dari 1.500 tahun ini merupakan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis serial televisi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top