Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Pelajaran Hidup dari Pidato Warren Buffett

Warren Buffett berpesan untuk memilih pekerjaan yang jika Anda tidak membutuhkan uangnya, maka pekerjaan itu akan menjadi rutinitas dan penyemangat untuk bangun di pagi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  16:57 WIB
Warren Buffet memberikan nasihat kepada lulusan Universitas Nebraska/Lincoln.
Warren Buffet memberikan nasihat kepada lulusan Universitas Nebraska/Lincoln.

Bisnis.com, JAKARTA -- Lulusan Universitas Nebraska-Lincoln menerima hadiah wisuda terbaik seumur hidup yakni ketika alumni sekolah yang paling terkenal, Warren Buffett, menyampaikan sejumlah pelajaran penting kepada mereka dalam pidato online.

Pimpinan dan CEO Berkshire Hathaway ini dikenal jarang memberikan wawancara, tetapi dia menghabiskan 10 menit melalui telepon dengan Rektor UNL Ronnie Green untuk memberikan kata-kata bijak kepada para lulusan.

“Hari ini saya tidak ingin menjadi orang lain selain anak muda yang lulus dari Universitas Nebraska,” kata Buffett dalam rekaman panggilan telepon, yang dijadikan video yang menampilkan foto-foto Buffett dan keluarganya, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Senin (21/12).

"Saya akan mengatakan ini kepada lulusan tahun ini: 'Saya ingin bertukar tempat dengan salah satu dari mereka.' Mereka merasa akan pergi ke dunia yang tidak pasti, tetapi tidak pernah ada waktu yang lebih baik," ungkapnya. Dari pidatonya itu, setidaknya ada lima pelajaran penting yang dapat kita petik:

1. Cobalah untuk mencari pekerjaan yang Anda nantikan setiap hari.

“Jangan puas dengan sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi Anda. Pilih pekerjaan yang jika Anda tidak membutuhkan uangnya, pekerjaan itu yang akan menjadi rutinitas dan penyemangat Anda untuk bangun di pagi hari," kata Buffett.

“Saya cukup beruntung memiliki hal seperti itu, dan saya dapat memberitahu Anda, ketika Anda puas dengan hal yang dilakukan, ini bukan lagi sebuah pekerjaan melainkan hal yang Anda nantikan setiap hari."

2. Belajar berkomunikasi.

“Yang paling penting adalah mengembangkan keterampilan komunikasi,” kata Buffett.

“Anda harus bisa menulis dengan baik, dan Anda harus bisa berbicara dengan baik. Isi kepalamu. Ini adalah saat yang luar biasa dalam hidup Anda untuk mengakhiri hari dengan tambahan pengetahuan yang tidak Anda ketahui sebelumnya."

3. Hargai kondisi Anda sekarang.

“Saya sangat beruntung lahir di Amerika Serikat dan saya beruntung lahir di Nebraska. Saya sedikit beruntung memiliki orang tua yang saya miliki, dan saya beruntung mendapatkan pendidikan yang saya dapat," kata Buffett.

"Anda lulus sebagai pemenang. Itu tidak berarti bahwa setiap hari itu sempurna, dunia tidak seperti itu. Tapi coba pikirkan jika Anda sekarang berada di tempat lain dengan situasi yang berbeda, di era yang berbeda. Anda tentu akan lebih memilih untuk tinggal di masa sekarang."

4. Belajar dengan membaca

“Tidak ada yang lebih baik dari membaca. Anda ingin memiliki pikiran yang selalu penasaran,” kata Buffett.

Orang-orang sering bertanya kepadanya, 'Jika Anda hanya bisa makan siang dengan satu orang, hidup atau mati, siapa yang akan Anda pilih?'

"Sebenarnya, dengan membaca, Anda bisa makan siang bersama Ben Franklin. Anda dapat menikmat makan siang yang luar biasa dengan setiap kepribadian hebat dalam sejarah dunia dan kemewahan memiliki berbagai ide yang dapat Anda temui dari membaca," ujarnya.

5. Jangan mengukur kesuksesan dengan uang atau ketenaran.

“Pada usia 90, saya sudah mengenal banyak orang yang menjadi sangat kaya, tetapi hidup mereka tidak sukses,” kata Buffett.

Dia mengenal orang-orang yang sangat terkenal berkat aktivitasnya, bukan kesuksesannya. Buffet mengaku tidak pernah mengenal seseorang yang mencapai usia 70 atau lebih dan memiliki semua orang yang mencintainya yang mereka inginkan dalam posisi itu, yang pernah merasa seperti apa pun kecuali sukses.

"Anak-anak Anda, pasangan Anda, rekan kerja Anda - jika Anda memiliki cinta dari keluarga dan rekan, itu tandanya Anda sukses. Saya telah melihat banyak orang yang mungkin memiliki lebih banyak bakat, lebih banyak uang, lebih banyak ketenaran, tetapi jika mereka tidak cinta, hidupnya jadi sangat hampa," tukas Buffet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang kaya warren buffett daftar miliarder
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top