Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Strategi Perusahaan untuk Dukung Pengembangan SDM

Ada tiga strategi yang harus dilakukan perusahaan agar bisnis yang dijalankan dapat terus berkembang.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  16:19 WIB
Ilustrasi - Msmcorp
Ilustrasi - Msmcorp

Bisnis.com, JAKARTA -- Disrupsi besar-besaran yang terjadi di seluruh dunia akibat pandemi covid-19 mengharuskan setiap perusahaan untuk survive dan cepat beradaptasi ke arah digital. Ini tentu saja harus didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni.

Susan Hartawan, Managing Director NBO dan Thomas International Indonesia mengatakan ada tiga strategi yang harus dilakukan perusahaan agar bisnis yang dijalankan dapat terus berkembang. Strategi pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah mempersiapkan talent yang paling tepat untuk menuju era digital.

Dalam World Economic Forum, terdapat 10 keterampilan yang paling dibutuhkan pada 2020. Menariknya sekitar 5 hingga 6 skill teratas yang harus dimiliki adalah daya pikir analitis, inovatif, dan kemampuan pembelajaran yang semuanya membutuhkan keahlian dan pelatihan yang tepat untuk berkembang cepat.

Strategi kedua adalah adopsi dan adaptasi. Saat ini, talenta Indonesia memang masih tertinggal dibandingkan negara lain di Asia Pasifik dalam kemampuan di bidang digital, tetapi Indonesia memiiki kekuatan populasi yang besar dan strategis.

Untuk itulah perusahaan harus mampu melakukan adopsi untuk mengimplementasikan teknologi secara digital, dan adaptasi yang membantu SDM dan pemimpin dalam beradaptasi dengan teknologi tersebut.

“Perusahaan yang menuju ke era digital harus menggabugkan antara adapt dan adopt secara terintegrasi. Kalau memiliki desain thingking yang bagus dan kekuatan yang baik maka bisa memberikan solusi yang tepat serta meningkatkan talent priority,” jelasnya.

Strategi ketiga adalah terus mengasah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki para karyawan sehingga dapat membantu perusahaan untuk terus berkembang.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sdm talenta
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top