Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kiat Pertahankan Bisnis pada Tahun Kerbau Logam

Ragam model usaha kecil mulai dari bisnis canvas, waralaba hingga bisnis frozen food mengalami perubahan pendekatan akibat pandemi Covid-19. Bagaimana untuk bertahan?
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  12:52 WIB
Wiraswasta
Wiraswasta

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengguncang banyak pemilik bisnis dan, lebih buruk lagi, menyebabkan beberapa bisnis gulung tikar.

Perusahaan multi nasional dari Amerika Serikat, Yelp melaporkan 97.966 bisnis telah ditutup secara permanen di negeri itu.

Sebuah akhir yang menyedihkan karena, sudah berinvestasi begitu banyak ke dalam suatu entitas, namun karena virus, segalanya mulai melambat, sampai akhirnya bangkrut.

Sementara itu pada 2021 meski ujung lorong penanganan pandemi sudah terlihat melalui vaksin, tidak ada yang punya ekspektasi bagaimana tahun kerbau logam atau 2021 ini dapat dilalui. Tetapi sebagai pemilik bisnis, Anda harus merencanakan dan membentengi bisnis Anda dari masalah yang tidak terduga.

Setiap hari, inovasi dibuat yang menyederhanakan proses belanja konsumen. Jika bisnis Anda tidak melakukan hal baru dan membuat hidup lebih mudah bagi konsumen, Anda mungkin berisiko kehilangan potensi penjualan kepada bisnis yang telah berinovasi dan beradaptasi.

Steve Jobs berkata, "Inovasi membedakan antara seorang pemimpin dan pengikut."

Artinya, jika Anda ingin menjadi pemimpin di industri atau ceruk pasar Anda, Anda harus berinovasi. Ada berbagai cara untuk melakukannya seperti dengan menyederhanakan pemasaran, pengiriman produk, retensi pelanggan, dll.

2021 adalah tahun yang berbeda dan kemungkinan besar akan memiliki tantangan baru, seperti dilansir melalui Entrepreneur, berikut adalah lima tips pertahanan untuk bisnis Anda.

1. Pertahankan posisi bisnis di benak konsumen

Pemasaran adalah cara Anda memahami kebutuhan konsumen, mengedukasi mereka, menarik pelanggan baru, dan membuat mereka terus berbisnis dengan Anda. Semua strategi pemasaran mungkin tidak menghasilkan penjualan langsung, tetapi penjualan akan terjadi pada akhirnya jika Anda cukup konsisten.

Untuk tetap berada di benak konsumen, Anda harus berada di tempat yang terlihat, dan pemasaran media sosial adalah strategi pemasaran yang dapat memberi Anda pengaruh itu.

Platform media sosial Anda akan menjadi teman terbaik Anda di tahun-tahun mendatang. Studi menunjukkan bahwa hampir 50% populasi dunia menggunakan media sosial. Itu berarti lebih dari 3 miliar pengguna di seluruh dunia.

2. Pekerjakan sumber daya terbaik

Karyawan yang hebat mendatangkan bisnis yang hebat. Jika Anda ingin memberikan bisnis Anda keunggulan kompetitif itu, maka Anda perlu mendapatkan sumber daya terbaik untuk pekerjaan itu. Anda tidak akan memberikan yang terbaik kepada pelanggan jika Anda tidak memiliki staf terbaik.

Ini lebih dari sekadar mempekerjakan orang yang tepat tetapi juga melatih dan membuat karyawan Anda bahagia. Ini berarti pemahaman, memastikan bahwa Anda menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dan memberi mereka tujuan yang berkontribusi pada pemenuhan pekerjaan mereka.

3. Perlindungan aset

Banyak pengusaha mengabaikan bagian ini, tetapi sangat penting untuk mengamankan aset Anda ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus hukum yang dapat mengancam aset berharga perusahaan.

Tidak ada pebisnis yang memulai usaha dan dan mempertimbangkan kemungkinan kasus hukum di masa depan, ini alasannya mengapa banyak orang dijumpai masalah serupa.

4. Atur keuangan dan penganggaran

Perencanaan keuangan tentu wajib dilakukan karena setiap bisnis membutuhkan dana operasional untuk terus bertahan. Anggaran opeasional seperti peta jalan untuk bisnis Anda dan jika tidak, itu sama saja mempertaruhkan bisnis Anda sendiri.

Penganggaran menentukan apakah pemasaran, akuisisi aset, remunerasi karyawan, dan bagian lain dari bisnis Anda dapat berjalan lancar. Anda harus mengantisipasi semua kebutuhan keuangan jangka panjang dan pendek Anda. Ini mungkin memerlukan menyewa seorang akuntan yang akan mencatat semua uang yang masuk dan keluar dari bisnis.

5. Bersiaplah untuk beradaptasi dengan apapun

Tidak ada yang mampu memprediksi krisis di 2020, tapi krisis datang, dan setiap orang harus beradaptasi atau sengsara. Kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan seperti ke kantor atau belanja ke toko harus berhenti karena beberapa alasan. Setiap orang harus beradaptasi dengan rapat zoom, sekolah online, dan jarak sosial. Ini memengaruhi banyak bisnis fisik yang layanan utamanya dilakukan secara langsung.

Tidak ada yang pasti untuk 2021, tetapi yang mutlak adalah kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan apa pun. Baik itu dalam layanan atau pengiriman produk, pemasaran, atau kegiatan apapun terlibat dengan pelanggan Anda, Anda harus siap untuk mengikuti apa pun yang ditawarkan pasar kepada Anda dan mengatasinya secara kreatif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur tips bisnis
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top