Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berani Bisnis Fest: Bekal UKM di Kala Pandemi

Pagelaran ini menjadi ajang untuk menyegarkan kembali wawasan para pebisnis UKM tentang beragam aspek bisnis, termasuk strategi dan peluang usaha
Kantor Cabang CIMB Niaga.
Kantor Cabang CIMB Niaga.

Bisnis.com, JAKARTA – Peranan usaha kecil menengah (UKM) dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional tak bisa dianggap remeh. Sayangnya, pandemi Covid-19 yang saat ini melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah memukul berbagai sektor bisnis termasuk UKM.

Dalam rangka membantu UKM bertahan dan berkembang di tengah pandemi maupun setelahnya, CIMB Niaga mengajak para pelaku UKM untuk bergabung dalam acara Berani Bisnis Fest. Pagelaran ini adalah program webinar dari gerakan Kejar Mimpi Berani Bisnis yang diinisiasi oleh CIMB Niaga.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan Kejar Mimpi Berani Bisnis merupakan bagian dari gerakan sosial Kejar Mimpi yang diinisiasi CIMB Niaga sejak 2017. Melalui Kejar Mimpi Berani Bisnis Fest, CIMB Niaga membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, komunitas, maupun swasta untuk memberikan solusi nyata melalui program edukasi agar UKM di Indonesia terus maju.  

“Dalam situasi saat ini kolaborasi menjadi semakin penting untuk saling mengisi, berbagi pengetahuan, dan meningkatkan keunggulan kompetitif masing-masing usaha agar dapat bersama- sama berjuang melawan pandemi. Kami di CIMB Niaga siap menjadi mitra bagi para pebisnis UKM dalam melewati masa-masa sulit ini,” kata Tony yang juga menjadi narasumber Kejar Mimpi Berani Bisnis Fest di Jakarta, Jumat (26/2/2021). 

Tony menjelaskan, Kejar Mimpi Berani Bisnis Fest digelar dalam format conference dan talk yang menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif dan berpengalaman. Diantaranya, Staf Ahli Bidang Inovasi & Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Josua Puji Mulia Simanjuntak tentang “Potensi UKM di sektor ekonomi kreatif”, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Fiki Satari mengenai “Kunci Indonesia Bangkit dengan UKM Berkelanjutan”, dan Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla yang akan menyampaikan tema “UKM: Gerbang Ekonomi untuk Indonesia Maju”. 

Dalam acara tersebut, Ketua Umum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi juga memaparkan pentingnya kolaborasi serta pemberdayaan UKM yang berkelanjutan melalui komunitas.  Sementara Founder dan CEO DailySocial.id Rama Mamuaya menyampaikan materi tentang peluang bisnis setelah pandemi. 

Para pebisnis UKM yang telah sukses juga akan berbagi pengalaman, seperti Founder Kebab Turki Baba Rafi Hendy Setiono yang menggugah semangat peserta tentang keberanian membangun bisnis sejak muda.

Adapun untuk membekali skill para pebisnis UKM, acara juga menghadirkan para pakar seperti CEO Foodizz Rex Marindo dan Founder Ageless Galaxy Tamish Aswani. Keduanya memberikan pengetahuan kesiapan UKM untuk bersaing lewat branding. 

Menurut Tony, salah satu hal terpenting dalam bisnis UKM yaitu kemampuan membangun strategi finansial. Dalam hal ini, CIMB Niaga mengundang pakar finansial yang juga Principal Consultant & CEO ZAP Finance Prita Ghozie untuk memperkuat srategi finansial para pebisnis UKM.  

Figur publik lain yang juga menarik untuk disimak paparannya yaitu Co-Founder & CEO Cumi.id Christian Sugiono dan Brand Ambassador CIMB Niaga Sandra Dewi. Christian mengulas tentang pentingnya membuat bisnis yang berdampak lewat inovasi dan teknologi. Sementara Sandra Dewi akan mengisi mengenai peran perempuan di dunia bisnis. 

“Kami berharap upaya edukasi ini dapat mendorong para pelaku bisnis UKM untuk meningkatkan bisnisnya ke depan. Sebagai Bank, tentu kami juga berharap dapat menjadi pilihan dari para pelaku bisnis sehingga dapat tumbuh bersama-sama menyongsong era kebangkitan pasca pandemi,” kata Tony. 

Agenda utama dalam acara Berani Bisnis Fest adalah untuk memberikan edukasi bagi para pelaku UKM yang akan dipandu oleh para pakar dan mentor profesional di bidangnya.

Webinar yang mengusung tema Indonesia Bangkit ini menjadi ajang untuk menyegarkan kembali wawasan para pebisnis UKM tentang beragam aspek bisnis, termasuk strategi dan peluang usaha. Acara yang diselenggarakan secara online pada Jumat (26/2/2021) hingga Sabtu (27/2/2021) dapat diikuti oleh pelaku UKM melalui website www.kejarmimpi.id/beranibisnisfest. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper